Politico: Tuan Rumah KTT G20 Desak Barat Lunakkan Retorika Anti-Rusia

Senin, 14 November 2022 - 16:40 WIB
loading...
Politico: Tuan Rumah KTT G20 Desak Barat Lunakkan Retorika Anti-Rusia
Presiden AS Joe Biden menyaksikan pertunjukan budaya saat tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai menjelang KTT para pemimpin G20, di Bali, 13 November 2022. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A A A
BALI - Tuan rumah KTT G20, Indonesia, dilaporkan berusaha mencegah pertemuan para pemimpin dunia menjadi pesta yang menghancurkan Rusia.

Menurut laporan Politico, Indonesia mendesak politisi Barat meredam kritik mereka terhadap Moskow sehingga semua anggota dapat dibawa bersama dengan komunike di akhir acara.

“Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan pejabat lainnya di pemerintahannya telah meminta para pemimpin Barat membuat konsesi sejauh mana retorika anti-Rusia mereka atas krisis Ukraina,” ungkap laporan Politico pada Minggu (13/11/2022), mengutip tiga diplomat tak dikenal yang mengetahui pembicaraan tersebut.



KTT dua hari akan dimulai pada Selasa (15/11/2022) di Bali, dan Jokowi berharap menemukan cukup kesamaan bahwa semua anggota G20, termasuk Rusia dan China, dapat menyetujui deklarasi kelompok.

Widodo juga bertujuan mencegah kelompok tersebut mengikuti jejak G8, yang mengusir Moskow dan menjadi G7 setelah Crimea memilih menjadi bagian dari Rusia pada tahun 2014.

Pernyataan G7 awal bulan ini mengutuk Rusia karena “perang agresi”-nya melawan Ukraina dan menyerukan agar semua pasukan Rusia ditarik dari bekas republik Soviet.

Kelompok itu juga menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di Ukraina dan mengecam Kremlin karena “retorika nuklir yang tidak bertanggung jawab.”

Pernyataan seperti itu kemungkinan tidak akan menghasilkan konsensus di Bali, di mana Rusia akan diwakili Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Beberapa anggota G20 lainnya, termasuk China, India, Brasil, dan Arab Saudi, enggan menandatangani komunike yang menegur Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)