Menlu Rusia Sergei Lavrov: AS Dorong Militerisasi Asia Tenggara

Senin, 14 November 2022 - 15:10 WIB
loading...
Menlu Rusia Sergei Lavrov: AS Dorong Militerisasi Asia Tenggara
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia menuduh Amerika Serikat (AS) mendorong peningkatan militerisasi di Asia Tenggara.

Dia mengatakan pada Minggu (13/11/2022) bahwa Washington berusaha menahan pengaruh Beijing dan Moskow di wilayah tersebut.

Sergei Lavrov berbicara kepada wartawan di bandara Phnom Penh setelah menghadiri KTT Asia Timur di Kamboja dan sebelum terbang ke Bali untuk menghadiri KTT G20 di mana Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden akan bertemu.

Sebelumnya pada Minggu, Biden mengatakan dia akan membangun “garis merah” dengan Xi.



Washington berusaha meningkatkan pengaruhnya di Asia Tenggara, khawatir dengan perilaku Beijing yang semakin tegas di kawasan itu.
China menganggap Asia Tenggara sebagai halaman belakang strategisnya.

Lavrov menuduh, “Amerika Serikat mendorong militerisasi wilayah ini, yang jelas ditujukan untuk menahan China dan membatasi kepentingan Rusia di wilayah tersebut.”

Ketika invasi Ukraina terus berlanjut, dan dengan sanksi Barat yang menggigit, Rusia telah berputar ke arah Asia Tenggara dalam upaya untuk menopang ekonominya yang babak belur.

Lavrov menyebut strategi Washington yang telah melihat Amerika Serikat mendorong hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara Asia Tenggara, "tidak inklusif dan bersaing dengan struktur inklusif yang dibuat di sekitar ASEAN."

KTT regional di Kamboja telah didominasi oleh kekhawatiran internasional, karena pertama perang di Ukraina dan kemudian persaingan AS-China membayangi kekhawatiran lokal seperti Myanmar.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)