Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Italia, Terasa di Beberapa Negara

Rabu, 09 November 2022 - 16:34 WIB
loading...
Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Italia, Terasa di Beberapa Negara
Gempa magnitudo 5,5 guncang Italia, terasa di beberapa negara. Foto/Daily Sabah
A A A
ROMA - Gempa berkekuatan 5,5 skala Richter (SR) mengguncang wilayah lepas pantai resor Italia, Rimini. Getaran gempa ini dirasakan di seluruh wilayah Italia tengah dan sebagian negara Balkan.

Dikutip dari BBC, Rabu (9/11/2022), rumah-rumah berguncang selama beberapa detik di pantai Adriatik dan ada laporan tentang beberapa kerusakan tetapi tidak ada korban jiwa.

Sekolah-sekolah ditutup di beberapa bagian wilayah Marche tengah dan kereta api dihentikan di sekitar kota Ancona karena dugaan kerusakan rel.



Pejabat Italia mengatakan gempa itu memiliki kedalaman 8 km.

Getaran gmpa terasa di Ibu Kota Italia, Roma, di bagian barat dan Bologna di timur laut serta melintasi Laut Adriatik di Slovenia, Kroasia serta Bosnia dan Herzegovina.

Getaran pertama dan terkuat gempa terjadi pada pukul 07:07 pagi waktu setempat diikuti oleh beberapa guncangan kecil.



Batu yang jatuh terlihat di pusat Ancona serta di stasiun, dan penduduk bergegas ke jalan-jalan dengan panik. Laporan di Italia mengatakan perjalanan dengan kereta ditangguhkan di beberapa jalur termasuk antara Ancona dan Ibu Kota, Roma.

Namun, pemadam kebakaran mengatakan belum menerima permintaan penyelamatan.

Italia Tengah adalah salah satu daerah gempa paling aktif di Eropa. Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter pada 2016 menewaskan 299 orang, sebagian besar di desa pegunungan Amatrice yang indah.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)