Lagi, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

Rabu, 09 November 2022 - 15:40 WIB
loading...
A A A
“SA-5 juga memiliki karakteristik rudal permukaan-ke-permukaan, dan Rusia telah menggunakan rudal serupa di Ukraina untuk serangan permukaan-ke-permukaan,” sambung pernyataan itu.

Sebuah kapal Angkatan Laut Korsel menggunakan penyelidikan bawah air untuk memulihkan rudal tersebut, yang datang saat Korut menguji coba beberapa rudal pekan lalu, termasuk kemungkinan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang gagal, memprotes latihan udara bersama oleh Korsel dan Amerika Serikat (AS).

Ini adalah pertama kalinya rudal balistik Korut mendarat di dekat perairan Korsel.

Militer Korut mengatakan peluncuran itu merupakan simulasi serangan terhadap Korsel dan AS, mengkritik latihan mereka sebagai latihan perang yang berbahaya dan agresif.



Pejabat Korsel dan AS juga mengatakan bahwa Pyongyang telah membuat persiapan teknis untuk menguji perangkat nuklir, yang pertama kali dilakukan sejak 2017.

Rudal SA-5 adalah rudal pertahanan udara yang awalnya dirancang oleh Uni Soviet, di mana ia ditunjuk sebagai S-200, untuk menembak jatuh pembom strategis dan target ketinggian tinggi lainnya.

Menurut Proyek Pertahanan Rudal Pusat Studi Strategis dan Internasional, rudal itu diekspor ke seluruh dunia dan masih beroperasi di setidaknya selusin negara.

Menurut "The Armed Forces of North Korea: On the Path of Songun", sebuah survei tahun 2020 oleh para peneliti Belanda, Korut menerima pengiriman sistem rudal SA-5 pada pertengahan 1980-an.

“Dua situs yang dilengkapi dengan sistem jarak jauh ini mencakup keseluruhan wilayah udara Korea Utara serta sebagian besar wilayah Selatan,” tulis para peneliti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)