Militan Al-Shabab Serang Pangkalan Militer Somalia

Senin, 07 November 2022 - 22:30 WIB
loading...
Militan Al-Shabab Serang Pangkalan Militer Somalia
Ilustrasi
A A A
MOGADISHU - Militan Al-Shabab menyerang sebuah pangkalan militer Somalia di wilayah Galgaduud tengah, Senin (7/11/2022). Serangan itu terjadi beberapa hari setelah daerah itu direbut oleh pasukan pemerintah.

“Tentara memukul mundur serangan di pangkalan yang menampung pasukan nasional dan lokal di Qayib, sebuah desa yang direbut dari Al-Shabab pekan lalu,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Abdullahi Ali Anod kepada kantor berita negara SONNA.



Serangan itu dimulai dengan dua bom mobil bunuh diri sekitar pukul 5 pagi (0200 GMT), diikuti oleh pertempuran sengit selama berjam-jam, Ahmed Hassan, seorang perwira militer di kota terdekat Bahdo, mengatakan kepada Reuters.

“Al-Shabab membakar stasiun telekomunikasi kota, dan karenanya tidak mengudara sekarang. Kami tahu kami membunuh lima pejuang Al-Shabab,” kata Hassan. “Satu bom mobil menghantam sebuah truk militer yang menjaga pintu masuk pangkalan, sementara yang lain meledak di luar,” lanjutnya.

Menurut Hassan, tidak jelas berapa banyak orang yang tewas secara total, tetapi setidaknya sembilan tentara terluka.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Al-Shabab Abdiasis Abu Musab mengatakan kelompok itu melancarkan serangan di Qayib menggunakan bom mobil bunuh diri sebelum para pejuangnya menyerang dari arah yang berbeda.



“Para pejuang membunuh beberapa tentara dan mencuri senjata dan kendaraan militer,” kata Abu Musab.

Pasukan pemerintah, yang didukung oleh milisi klan, telah membuat sejumlah keuntungan medan perang melawan Al-Shabab dalam tiga bulan terakhir, mendapatkan kembali wilayah yang telah lama dipegang oleh kelompok tersebut.

Sebagai tanggapan, Al-Shabab menewaskan sedikitnya 120 orang dalam bom mobil kembar di kementerian pendidikan di ibukota Mogadishu pada 29 Oktober, ledakan paling mematikan dalam lima tahun.

Kelompok yang terkait dengan Al-Qaeda telah membunuh puluhan ribu orang sejak 2006 dalam perjuangannya untuk menggulingkan pemerintah pusat Somalia yang didukung Barat dan menerapkan interpretasinya terhadap hukum Islam.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)