Kiev Siap Evakuasi 3 Juta Orang Jika Situasi Semakin Memburuk

Senin, 07 November 2022 - 14:16 WIB
loading...
Kiev Siap Evakuasi 3 Juta Orang Jika Situasi Semakin Memburuk
Pemerintah di Ibu Kota Ukraina, Kiev, siap evakuasi 3 juta orang jika situasi membutuk dengan terancamnya pasokan listrik akibat serangan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Pihak berwenang di Ibu Kota Ukraina , Kiev, sedang mengerjakan rencana darurat yang mengantisipasi evakuasi sekitar 3 juta penduduk yang tersisa. Rencana akan dijalankan jika pasokan listrik benar-benar terputus, yang menyebabkan situasi semakin memburuk.

Rencana evakuasi besar-besaran itu diungkap The New York Times, Minggu (6/11/2022), dengan mengutip Roman Tkachuk, direktur keamanan untuk pemerintah kota Kiev.

Tkachuk telah memperingatkan bahwa ibu kota mungkin kehilangan seluruh sistem kelistrikan, jika Rusia terus menyerang infrastruktur energi Ukraina.

Menurut laporan itu, pihak berwenang Kiev memperkirakan bahwa, jika yang lebih buruk menjadi yang terburuk, mereka akan memiliki pemberitahuan setidaknya 12 jam sebelum jaringan listrik benar-benar runtuh.



Tkachuk menjelaskan bahwa jika ada tanda-tanda kegagalan yang akan segera terjadi, “kami akan mulai memberi tahu orang-orang dan meminta mereka untuk pergi.”

Dia memperingatkan bahwa jika Ibu Kota Ukraina mengalami pemadaman total, tidak akan ada pasokan air, dan sistem pembuangan limbah juga akan terhenti.

Namun, dia buru-buru memastikan bahwa situasi saat ini terkendali, dan tidak ada eksodus penduduk kota.

Dengan mendekatnya musim dingin, pihak berwenang Kiev sedang mempersiapkan sekitar 1.000 tempat penampungan pemanas yang dapat berfungsi ganda sebagai bunker selama serangan Rusia.

Dalam upaya untuk mencegah kegagalan yang tak terkendali, utilitas energi nasional Ukraina telah memberlakukan pemadaman bergilir di beberapa wilayah, termasuk ibu kota, selama beberapa minggu terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)