Ukraina Mengebom Bendungan Kherson dengan Rudal Canggih AS

Senin, 07 November 2022 - 06:54 WIB
loading...
Ukraina Mengebom Bendungan Kherson dengan Rudal Canggih AS
Militer Ukraina mengebom bendungan Kherson dengan rudal canggih buatan Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Militer Ukraina mengebom bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Kakhovskaya di Kherson dengan beberapa rudal canggih buatan Amerika Serikat (AS), Minggu.

Menurut layanan darurat setempat, serangan itu telah merusak salah satu pintu air.

Kherson merupakan satu dari empat wilayah Ukraina yang dicaplok Rusia baru-baru ini. Wilayah itu menjadi medan perang sengit ketika pasukan Kiev berupaya merebut kembali wilayah tersebut.

Layanan darurat Kherson mengatakan pasukan Kiev menggunakan rudal canggih yang ditembakkan dari HIMARS [High Mobility Artillery Rocket System] pasokan Amerika.



Setidaknya enam misil membombardir bendungan tersebut sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat. Lima di antaranya dicegat oleh sistem pertahanan udara Rusia, tetapi satu berhasil lolos.

“Angkatan Bersenjata Ukraina tidak menyerah pada upaya mereka untuk menghancurkan bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovskaya dan menciptakan keadaan untuk bencana kemanusiaan,” bunyi pernyataan Layanan Darurat Kherson seperti dikutip kantor berita RIA Novosti, Senin (7/11/2022).

Pihak berwenang setempat kemudian mengklarifikasi bahwa rudal itu gagal menyebabkan kerusakan kritis.

Dalam beberapa pekan terakhir, Moskow telah menyalahkan Kiev karena mencoba berbagai serangan terhadap bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovskaya, yang berdiri di Sungai Dnieper, hulu dari kota Kherson.

Pihak berwenang Rusia mulai merelokasi warga sipil dari kota dan daerah di tepi kanan Dnieper bulan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)