Dalih Rusia dalam Perang Ukraina Makin Banyak Didukung Warga Jerman

Sabtu, 05 November 2022 - 01:01 WIB
loading...
Dalih Rusia dalam Perang Ukraina Makin Banyak Didukung Warga Jerman
Spanduk bertuliskan No Russophobia! terlihat di tengah bendera saat demonstrasi pro-Rusia di Frankfurt, Jerman, 10 April 2022. Foto/REUTERS/Kai Pfaffenbach
A A A
BERLIN - Jumlah orang Jerman yang setuju dengan posisi Rusia tentang akar penyebab konflik Ukraina telah meningkat selama beberapa bulan terakhir.

Hal itu terungkap dalam hasil penelitian terbaru. Para peneliti dengan tegas menolak versi Rusia sebagai “propaganda” dan meminta pemerintah Jerman mengambil tindakan untuk melawannya.

Diterbitkan pada Rabu (2/11/2022) dan berjudul “Uji ketahanan untuk demokrasi: narasi konspirasi Pro-Rusia dan kepercayaan pada disinformasi di masyarakat,” makalah ini didasarkan pada jajak pendapat yang dilakukan pada interval beberapa bulan.



Menurut laporan itu, 19% responden setuju dengan pernyataan bahwa Rusia tidak punya pilihan selain menyerang Ukraina sebagai tanggapan atas provokasi NATO; 21% responden menyatakan hanya sebagian mendukung gagasan ini.

“Pada bulan April, angkanya masing-masing mencapai 12% dan 17%,” ungkap studi tersebut.

“Orang-orang yang tinggal di wilayah timur yang terdiri dari bekas Republik Demokratik Jerman cenderung menunjukkan pemahaman yang lebih mendukung Moskow,” papar laporan tersebut.



Jumlah orang yang percaya bahwa NATO memprovokasi Rusia ke dalam konflik dikatakan hampir dua kali lebih tinggi di sana dibandingkan dengan Jerman barat.

Para peneliti mencatat, “Pendukung partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AFD) jauh lebih mungkin untuk mendukung pandangan seperti itu daripada populasi umum. Demikian pula, mereka yang berada di ujung spektrum politik dari partai sayap Kiri juga menunjukkan penerimaan yang lebih besar terhadap posisi Rusia.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)