8 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Empat dari Asia

Selasa, 07 Juli 2020 - 23:01 WIB
loading...
A A A
Prancis merupakan salah satu AL paling tua di dunia. Saat ini AL Prancis memiliki personil sekitar 36.000 orang.

Prancis mengoperasikan satu kapal induk Charles de Gaulle. Itu menjadi satu-satunya kapal induk yang bertenaga nuklir dan dibuat di luar AS. Namun ukurannya lebih kecil dibandingkan kapal induk AS.

Ketujuh, India.

AL India memiliki sekitar 67.000 personel dan menjadi kekuatan yang diperhitungkan di Asia Selatan. Saat ini India mengoperasi satu kapal induk INS Vikramaditya.

Kapal induk lainnya, INS Vikrant, sedang dibangun dan akan segera beroperasi. Kehadiran kapal induk baru itu semakin memperkuat kemampuan AL India.

AL India mengoperasikan 11 destroyer, termasuk 3 kelas Kolkata dengan rudal kendali. Kapal perang baru itu menjadi salah satu destroyer paling kuat di dunia. India juga memiliki 3 destroyer kelas Delhi dan 5 klas Rajput.

Kedelapan, Korea Selatan (Korsel).

Beberapa dekade lalu, AL Korsel tak diperhitungkan. Saat ini mereka telah berubah dari pasukan pantai menjadi pasukan berkemampuan pergi ke samudera.

AL Korsel memiliki 70.000 personel. Korsel tak memiliki kapal induk tapi memiliki kapal tempur amphibi kelas Dokdo yang serupa dengan kapal induk ringan.

Korsel juga memiliki destroyer rudal kendali klas Sejong the Great yang merupakan salah satu kapal perang paling canggih di dunia. Kapal itu dapat membawa berbagai jenis rudal dan dapat menghadapi berbagai ancaman di laut, darat atau udara. (Lihat Infografis: 8 Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Menghilangkan Stres)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)