8 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Empat dari Asia

Selasa, 07 Juli 2020 - 23:01 WIB
loading...
8 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Empat dari Asia
Kapal perang Amphibi kelas Dokdo yang dioperasikan Angkatan Laut Korsel. Foto/militarytoday
A A A
SEOUL - Negara manakah yang memiliki angkatan laut (AL) terkuat di dunia? Kekuatan AL ini disusun berdasarkan armada tempur permukaan dan kapal selam mereka versi Military Today.

Pertama, Amerika Serikat (AS).

AS saat ini memiliki angkatan laut paling kuat di dunia. Pada awal 1990-an, setelah akhir Perang Dingin, AS mengubah fokus dari skenario perang skala besar dengan Uni Soviet menjadi konflik regional. AL AS memiliki hampir 320.000 personel dan mengoperasikan 11 kapal induk besar.

AL AS juga memiliki kemampuan serbu amphibi yang kuat. Mereka mengoperasikan 8-9 kapal serbu amphibi kelas America dan Wasp. Setiap kapal perang itu mampu membawa sekitar 1.700 hingga 2.000 marinir beserta kendaraan tempurnya serta membawanya ke pantai dengan tiltrotor, helikopter dan howercraft.

Kedua, Rusia.

Rusia mewarisi armadanya dari AL Soviet. AL Rusia memiliki sekitar 140.000 personel, beberapa kapal perang dan kapal selam.

AL Rusia mengoperasikan satu kapal induk Admiral Kuznetsov. Rusia juga mengoperasikan satu kapal perang berukuran besar Petr Veliky. Rusia juga memiliki tiga kapal cruiser kelas Slava yang memiliki kemampuan antikapal, antipesawat dan antikapal selam.

Ketiga, China.

Sejak awal 1990-an, China mulai memperkuat armadanya dan sekarang terus membangun sejumlah kapal perang dan kapal selam baru.

AL China memiliki sekitar 255.000 personel. Saat ini China merupakan AL terbesar kedua di dunia setelah AS berdasarkan jumlah personil. AL China juga memiliki jumlah personil tempur terbesar di dunia.

Sejak 2018, China mengoperasikan satu kapal induk Liaoning. Kapal induk kedua, Shandong, sudah mulai dikenalkan pada 2019.

China memiliki sekitar 300 kapal destroyer, 50 frigate dan 40 corvette. Negara itu juga terus membangun kapal perang baru Tipe 055 yang dilengkapi rudal jelajah.

Keempat, Jepang.

AL Jepang memiliki 50.800 personil, lebih dari 150 kapal dan hampir 346 pesawat tempur. Jepang mengoperasikan kapal perang dan kapal selam yang canggih.

Meski AL Jepang kalah jumlah untuk kapal perang dan tonase, kepala perang Jepang lebih canggih dan dilengkapi persenjataan terbaru. Meski demikian, Jepang tak memiliki satu pun senjata nuklir.

Jepang juga tak memiliki kapal induk, tapi memiliki 2 kapal angkut helikopter klas Izumo dan 2 kapal klas Hyuga.

Kelima, Inggris.

Sejak pertengahan abad 18, Inggris memiliki AL terkuat di dunia. Kekuatannya baru dikalahkan AS hanya selama Perang Dunia II. Saat ini AL Inggris fokus pada operasi ekspedisi dan tetap menjadi salah satu AL blue water terkuat di dunia.

AL Inggris saat ini memiliki sekitar 33.000 personel. Mereka mengoperasikan satu kapal induk Queen Elizabeth. Kapal induk kedua segera beroperasi penuh dan memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan kapal induk AS dan lebih ringan dibandingkan milik Rusia dan China.

Keenam, Prancis.

Prancis merupakan salah satu AL paling tua di dunia. Saat ini AL Prancis memiliki personil sekitar 36.000 orang.

Prancis mengoperasikan satu kapal induk Charles de Gaulle. Itu menjadi satu-satunya kapal induk yang bertenaga nuklir dan dibuat di luar AS. Namun ukurannya lebih kecil dibandingkan kapal induk AS.

Ketujuh, India.

AL India memiliki sekitar 67.000 personel dan menjadi kekuatan yang diperhitungkan di Asia Selatan. Saat ini India mengoperasi satu kapal induk INS Vikramaditya.

Kapal induk lainnya, INS Vikrant, sedang dibangun dan akan segera beroperasi. Kehadiran kapal induk baru itu semakin memperkuat kemampuan AL India.

AL India mengoperasikan 11 destroyer, termasuk 3 kelas Kolkata dengan rudal kendali. Kapal perang baru itu menjadi salah satu destroyer paling kuat di dunia. India juga memiliki 3 destroyer kelas Delhi dan 5 klas Rajput.

Kedelapan, Korea Selatan (Korsel).

Beberapa dekade lalu, AL Korsel tak diperhitungkan. Saat ini mereka telah berubah dari pasukan pantai menjadi pasukan berkemampuan pergi ke samudera.

AL Korsel memiliki 70.000 personel. Korsel tak memiliki kapal induk tapi memiliki kapal tempur amphibi kelas Dokdo yang serupa dengan kapal induk ringan.

Korsel juga memiliki destroyer rudal kendali klas Sejong the Great yang merupakan salah satu kapal perang paling canggih di dunia. Kapal itu dapat membawa berbagai jenis rudal dan dapat menghadapi berbagai ancaman di laut, darat atau udara. (Lihat Infografis: 8 Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Menghilangkan Stres)

AL Korsel juga memiliki 6 destroyer multiguna kelas Chungmugong Yi Sun-sin dan 3 destroyer kelas Kwanggateo the Great. (Lihat Video: Nekat Tiktokan di Jembatan Suramadu, Tiga Emak-emak Berurusan dengan Polisi)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)