8 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Empat dari Asia

Selasa, 07 Juli 2020 - 23:01 WIB
loading...
8 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Empat dari Asia
Kapal perang Amphibi kelas Dokdo yang dioperasikan Angkatan Laut Korsel. Foto/militarytoday
A A A
SEOUL - Negara manakah yang memiliki angkatan laut (AL) terkuat di dunia? Kekuatan AL ini disusun berdasarkan armada tempur permukaan dan kapal selam mereka versi Military Today.

Pertama, Amerika Serikat (AS).

AS saat ini memiliki angkatan laut paling kuat di dunia. Pada awal 1990-an, setelah akhir Perang Dingin, AS mengubah fokus dari skenario perang skala besar dengan Uni Soviet menjadi konflik regional. AL AS memiliki hampir 320.000 personel dan mengoperasikan 11 kapal induk besar.

AL AS juga memiliki kemampuan serbu amphibi yang kuat. Mereka mengoperasikan 8-9 kapal serbu amphibi kelas America dan Wasp. Setiap kapal perang itu mampu membawa sekitar 1.700 hingga 2.000 marinir beserta kendaraan tempurnya serta membawanya ke pantai dengan tiltrotor, helikopter dan howercraft.

Kedua, Rusia.

Rusia mewarisi armadanya dari AL Soviet. AL Rusia memiliki sekitar 140.000 personel, beberapa kapal perang dan kapal selam.

AL Rusia mengoperasikan satu kapal induk Admiral Kuznetsov. Rusia juga mengoperasikan satu kapal perang berukuran besar Petr Veliky. Rusia juga memiliki tiga kapal cruiser kelas Slava yang memiliki kemampuan antikapal, antipesawat dan antikapal selam.

Ketiga, China.

Sejak awal 1990-an, China mulai memperkuat armadanya dan sekarang terus membangun sejumlah kapal perang dan kapal selam baru.

AL China memiliki sekitar 255.000 personel. Saat ini China merupakan AL terbesar kedua di dunia setelah AS berdasarkan jumlah personil. AL China juga memiliki jumlah personil tempur terbesar di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)