Biden Prediksi Masa Depan Pasukan AS di Polandia

Kamis, 03 November 2022 - 15:43 WIB
loading...
Biden Prediksi Masa Depan Pasukan AS di Polandia
Presiden AS Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkap rencananya untuk pasukan AS di Polandia. Komentar itu dibuat secara sepintas setelah suatu acara di Gedung Putih. Biden tidak menjelaskan lebih lanjut.

Menurut Biden, pasukan AS yang saat ini ditempatkan di Polandia untuk sementara akan berada di sana untuk "waktu yang lama."



Warsawa telah meminta Washington secara permanen menempatkan pasukan AS di Polandia, tetapi itu secara teknis akan melanggar perjanjian NATO dengan Rusia.



Koresponden Radio Polandia Marek Walkuski mengajukan pertanyaan tentang pasukan AS saat Biden meninggalkan Ruang Timur pada Rabu (2/11/2022).

“Mereka akan berada di sana untuk waktu yang lama,” jawab presiden AS, sambil berjalan pergi meninggalkan ruangan acara.

Tidak diketahui berapa banyak pasukan AS saat ini di Polandia, pusat logistik utama NATO untuk mendukung pemerintah di negara tetangga Ukraina.

Pada bulan Mei, duta besar AS di Warsawa mengungkapkan lebih dari 12.600 personel militer Amerika berada di negara itu. Itu menjadi jumlah terbesar dalam sejarah.

Warsawa menyerukan pasukan NATO tambahan untuk dikerahkan di Polandia dan Negara-negara Baltik pada September, sebagai tanggapan terhadap mobilisasi parsial pasukan cadangan di Rusia.

Bulan lalu, Penasihat Kebijakan Luar Negeri Presiden Polandia Andrzej Duda Jakub Kumoch mengatakan Washington harus secara permanen menempatkan pasukan dan bahkan senjata nuklir di wilayah Polandia.

Mengakui bahwa ini akan secara langsung melanggar Undang-Undang Pendiri NATO-Rusia, Kumoch menyebut pengembangan perjanjian 1997 sebagai surat mati, dengan mengatakan Moskow membatalkannya dengan "invasi" Ukraina.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)