PM Korsel Soroti Respons Polisi Saat Terima Panggilan Darurat Tragedi Halloween

Rabu, 02 November 2022 - 18:30 WIB
loading...
PM Korsel Soroti Respons Polisi Saat Terima Panggilan Darurat Tragedi Halloween
PM Korsel Soroti Respons Polisi Saat Terima Panggilan Darurat Tragedi Halloween. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Perdana Menteri Korea Selatan (Korsel) Han Duck-soo mengatakan pada Rabu (2/11/2022), bahwa polisi harus menjelaskan bagaimana mereka merespons setelah menerima sejumlah panggilan darurat beberapa jam sebelum pesta Halloween yang menewaskan lebih dari 150 orang di Seoul.

Bencana pada Sabtu (29/10/2022) malam menewaskan 156 dan melukai 172, meninggalkan 33 dalam kondisi serius. Sedikitnya 26 warga dari 14 negara termasuk di antara yang tewas.



"Polisi harus melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan penjelasan yang jelas dan transparan kepada publik," kata Han pada awal pertemuan satuan tugas tentang bencana yang disiarkan televisi, seperti dikutip dari Reuters.

Puluhan ribu anak muda yang bersuka ria memadati jalan-jalan sempit dan gang-gang di distrik Itaewon yang populer untuk perayaan Halloween pertama dalam tiga tahun yang hampir bebas dari pembatasan COVID-19.

Transkrip panggilan darurat yang dirilis oleh polisi pada hari Selasa menunjukkan peringatan pertama tentang kemungkinan tabrakan mematikan kira-kira empat jam sebelum bencana, dengan penelepon meminta polisi dikirim ke sebuah gang di mana pengunjung pesta sudah memadati dinding ke dinding.



Polisi menerima 10 panggilan serupa lainnya, dengan para penelepon memohon dengan semakin mendesak dan putus asa. Panggilan terakhir dilakukan hanya beberapa menit sebelum orang-orang di gang sempit dan miring itu mulai berjatuhan.

Transkrip tampaknya mengkonfirmasi keterangan saksi, yang mengatakan kepada Reuters bahwa mereka melihat beberapa polisi mengarahkan lalu lintas di jalan utama, tetapi sedikit atau tidak ada petugas di gang pejalan kaki yang ramai dan jalan samping.

Sekitar 100.000 orang diperkirakan berada di Itaewon pada hari Sabtu, sebuah daerah yang terkenal dengan perbukitan dan gang-gang sempitnya. Ada 137 petugas polisi di sana pada saat itu, kata pihak berwenang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)