7 Negara Paling Terbelakang di Dunia, Mayoritas Ada di Afrika

Rabu, 02 November 2022 - 18:00 WIB
loading...
7 Negara Paling Terbelakang di Dunia, Mayoritas Ada di Afrika
7 Negara Paling Terbelakang di Dunia, Mayoritas Ada di Afrika. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Negara terbelakang adalah negara dengan kemiskinan yang kronis dan pertumbuhan ekonominya kurang baik. Istilah ‘negara terbelakang’ ini sebenarnya tidak resmi digunakan, namun yang masuk dalam daftar ini yaitu negara yang tidak termasuk dalam klasifikasi negara berkembang atau negara kurang berkembang.

Negara terbelakang disebut sebagai negara berpenghasilan rendah oleh Bank Dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan daftar negara yang terbelakang, terdiri dari 46 negara di dunia. Berikut daftar 7 negara di dunia paling terbelakang sekaligus paling miskin di dunia.



1. Burundi
Burundi termasuk negara yang terbelakang di dunia menurut daftar yang dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Masalah utama pada negara ini yaitu kelangkaan pangan yang dirasakan penduduknya.

Sekitar 90% dari 12 juta penduduknya bergantung pada pertanian subsisten dan sebagian besar hidup dalam kemiskinan. Fasilitas air jenis dan listrik juga masih sangat sedikit di negara ini. Kondisi diperparah dengan adanya pandemi dan perang di Ukraina.

2. Sudan
Sudan Selatan merupakan negara baru yang berada di kawasan Afrika Utara. Negara ini baru resmi berdiri pada 9 Juli 2011, enam tahun setelah berakhirnya konflik saudara di Sudan. Sudan Selatan tergolong negara yang terbelakang.

Sebenarnya bisa saja negara ini menjadi negara berkembang dengan kekayaan sumber dayanya. Namun, faktanya berbanding terbalik, kekayaan alam Sudan Selatan tidak mendorong kemajuan negara ini, yang terjadi malah perpecahan sosial dan politik, korupsi hingga kurang pertumbuhan ekonomi. Sudan Selatan merupakan salah satu negara yang terbelakang.



3. Afrika Tengah
Republik Afrika Tengah diklaim sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Ada sekitar 70% penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Terjadinya perang Ukraina memperburuk situasi ekonomi negara ini.

Bahan pangan dan kebutuhan pokok naik. Afrika Tengah menghadapi tingkat kerawanan pangan terparah sepanjang sejarah negara itu. Tak heran, negara ini termasuk salah satu negara yang terbelakang.

4. Kongo
Republik Demokratik Kongo sempat mengalami kekacauan ketidakstabilan politik dan kekerasan yang terjadi terus-menerus. Negara ini sempat membaik pada tahun 2019. Akan tetapi Etienne Tshisekedi, presiden baru Kongo kala itu membuat kekacauan.

Ia menggelapkan dana publik sebesar USD138 juta. Hal itu menyebabkan tiga perempat dari 90 juta penduduk harus hidup dengan uang kurang dari USD2 sehari. Kongo menjadi negara yang terbelakang dan paling miskin.

5. Somalia
Dalam tiga dekade, Somalia menghadapi kekerasan konflik internal, kekeringan dan banjir, kelaparan, dan penyakit. Angka pengangguran di Somalia juga cukup besar. Pertumbuhan PDB juga terhambat karena adanya pandemi di tahun 2020.

Namun, Bank Dunia mengatakan bahwa Somalia bisa memiliki masa depan yang lebih cerah dengan meningkatkan teknologi di berbagai sektor. Somalia berada dalam daftar negara terbelakang dan didera kemiskinan.



6. Afghanistan
Afghanistan menjadi negara miskin di dunia dan terbelakang. Kemiskinan disebabkan akibat perang saudara yang tidak kunjung berakhir. Pendapatan per kapita di negara kawasan Asia ini hanya sekitar USD508,80 saja.

Meski Amerika Serikat sudah memberi bantuan, namun kemiskinan di Afghanistan tetap tidak teratasi. Bank Dunia juga memperkirakan Afghanistan akan berada di bawah garis kemiskinan dengan pendapatan hanya USD0,94 per hari.

7. Kirgistan
Terdapat 20,1% penduduk Kirgistan yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional pada tahun 2019. Tercatat pada tahun 2020, pendapat per kapita Kirgistan hanya USD1173,61. Menurut Bank Dunia, faktor yang mempengaruhi kemiskinan ini akibat pandemi dan pendapatan tenaga kerja, peralihan dari pekerja migran, dan kenaikan harga pangan. Selain miskin, negara ini juga masuk dalam daftar negara terbelakang.

*diolah dari berbagai sumber
https://www.idxchannel.com/economics/10-negara-termiskin-di-asia-indonesia-termasuk
https://worldpopulationreview.com/country-rankings/underdeveloped-countries
https://unctad.org/topic/least-developed-countries/list
https://www.gfmag.com/global-data/economic-data/the-poorest-countries-in-the-world
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)