Terancam Senjata Barat, Rusia Samakan Perang Ukraina dengan Krisis Rudal Kuba

Senin, 31 Oktober 2022 - 09:36 WIB
loading...
A A A
“Saya berharap dalam situasi hari ini, Presiden Joe Biden akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memahami siapa yang memberi perintah dan bagaimana caranya,” kata Lavrov, seperti dikutip Reuters, Senin (31/10/2022).

“Situasi ini sangat mengganggu. Perbedaannya adalah bahwa pada tahun 1962 silam, Khrushchev dan Kennedy menemukan kekuatan untuk menunjukkan tanggung jawab dan kebijaksanaan, dan sekarang kita tidak melihat kesiapan seperti itu di pihak Washington dan satelitnya," paparnya.

Seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih menolak mengomentari pernyataan Lavrov tetapi menunjuk ke komentar masa lalu tentang menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dengan Moskow.

Lavrov mengatakan kepemimpinan Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin, masih siap untuk diskusi tentang Ukraina.

“Kesiapan Rusia, termasuk presidennya, untuk bernegosiasi [tentang Ukraina], tetap tidak berubah,” katanya.

“Kami akan selalu siap untuk mendengarkan proposal apa yang dimiliki mitra Barat kami untuk mengurangi ketegangan.”

Putin mengutip penolakan Barat terhadap kekhawatiran Rusia tentang keamanan Eropa pasca-Soviet, dan khususnya ekspansi aliansi militer NATO ke arah timur, sebagai salah satu penyebab utama konflik.

AS dan sekutu Eropa-nya mengatakan kekhawatiran Rusia berlebihan dan tidak dapat membenarkan invasi terhadap Ukraina yang perbatasannya diakui Moskow setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)