Tragedi Halloween Seoul Sedot Perhatian Pemimpin Dunia

Minggu, 30 Oktober 2022 - 10:36 WIB
loading...
Tragedi Halloween Seoul Sedot Perhatian Pemimpin Dunia
Sejumlah pemimin dunia dan pejabat mengucapkan turut berbelasungkawa atas tragedi halloween di Seoul. Foto/The Washington Post
A A A
SEOUL - Sejumlah pemimpun dunia memberikan ucapan belasungkawa atas tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan (Korsel). Setidakknya 149 orang tewas terhimpit dalam tragedi yang terjadi di salah satu distrik Ibu Kota Seoul itu.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan istrinya, Jill, mengatakan pihaknya siap memberikan dukungan kepada Korsel yang tengah berduka atas tragedi tersebut.

"Jill dan saya menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga yang kehilangan orang yang dicintai di Seoul. Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan cepat bagi semua yang terluka," demikian pernyataan Presiden AS Joe Biden.

"Amerika Serikat mendukung Republik Korea selama masa tragis ini," tambahnya seperti dikutip dari The Korean Herald, Minggu (30/10/2022).

Sedangkan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengungkapkan kesedihannya.



“Kami sangat sedih mengetahui insiden desak-desakan yang mematikan hari ini di Seoul. Kami mengirimkan pikiran dan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga dan teman-teman yang meninggal dan terluka, serta kepada orang-orang ROK saat mereka berduka atas tragedi yang mengerikan ini,” tulis Blinken di Twitter menggunakan akronim dari nama resmi Korsel, Republik Korea.

“Laporan dari Seoul sangat memilukan. Kami memikirkan semua orang yang kehilangan orang yang dicintai dan berharap pemulihan cepat bagi mereka yang terluka. Amerika Serikat siap memberi Republik Korea dukungan apa pun yang dibutuhkannya,” Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan juga menulis di Twitter-nya.

Para pemimpin dari Eropa juga mengungkapkan kesedihannya setelah mendengar tentang tragedi itu.

"Berita mengerikan dari Seoul malam ini," tulis Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak di Twitter.

"Semua pikiran kami bersama mereka yang saat ini merespons dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini," sambungnya.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Presiden Prancis Emmanuel Macron.



"Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada penduduk Seoul dan orang-orang Korea selanjutnya dengan acara di Itaewon. Prancis ada di pihak Anda," cuit Macron.

Sementara Kanselir Jerman Olaf Scholz mentweet bahwa "peristiwa tragis di Seoul mengejutkan kita semua."

"Pikiran kami bersama banyak korban dan keluarga mereka," kata Scholz. "Ini adalah hari yang menyedihkan bagi Korea Selatan. Jerman mendukung mereka," sambung Scholz seperti dilansir dari DW.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan dia "sangat sedih" dengan tragedi itu.

"Sangat sedih dengan peristiwa mengerikan di pusat kota Seoul. Apa yang dimaksudkan sebagai perayaan berubah menjadi tragedi dengan begitu banyak korban muda," tweetnya.

"Kami bersama rakyat Republik Korea pada saat yang sulit ini," ia menambahkan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)