Gegara Panda Sekarat, Dokter Hewan China Diundang ke Taiwan

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 22:30 WIB
loading...
Gegara Panda Sekarat, Dokter Hewan China Diundang ke Taiwan
Gegara Panda Sekarat, Dokter Hewan China Diundang ke Taiwan. FOTO/Xinhua
A A A
TAIPEI - Pakar kedokteran hewan China telah diundang ke Taiwan , kata pejabat kebun binatang pada Jumat (28/10/2022). Ini merupakan kunjungan langka antara kedua belah pihak.

Hubungan antara China dan Taiwan telah membeku sejak 2016. Beijing memutuskan komunikasi resmi dan kunjungan pemerintah antara kedua belah pihak dibatalkan.



Tapi, Taiwan membuat pengecualian setelah Tuan Tuan, panda jantan yang dihadiahkan ke pulau itu oleh Beijing pada 2008, jatuh sakit dalam beberapa pekan terakhir dan tampaknya memasuki masa senja.

Kebun Binatang Taipei mengatakan, dokter hewan China akan tinggal selama tujuh hari dan mengamati, daripada melakukan, pemeriksaan kesehatan.

"Tujuan utamanya adalah untuk mengunjungi Tuan Tuan dan melihat kondisinya saat ini," kata Eve Wang, Kepala Bagian Hewan Kebun Binatang Kota Taipei kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP.



"Mereka menyatakan keinginan mereka untuk datang sendiri mengunjungi Tuan Tuan. Saya juga berpikir ini akan menjadi perjalanan yang sangat berarti," tambahnya.

Tidak jelas kapan dokter hewan akan tiba, tetapi Dewan Urusan Daratan Taiwan mengatakan pada hari Rabu bahwa Taiwan sedang memproses aplikasi visa mereka.

Tuan Tuan dan pasangannya Yuan Yuan diberikan ke Taiwan oleh Beijing pada saat hubungan antara kedua tetangga lebih ramah. Dalam anggukan untuk tujuan Partai Komunis China suatu hari mengambil Taiwan, nama mereka digabungkan berarti "reuni" atau "persatuan".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)