Inilah Perempuan di Balik Kesuksesan Xi Jinping Raih Kekuasaan China

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 17:35 WIB
loading...
Inilah Perempuan di Balik Kesuksesan Xi Jinping Raih Kekuasaan China
Peng Liyuan (kanan), sosok istri yang berada di balik kesuksesan Xi Jinping meraih kekuasaan China. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Peng Liyuan adalah istri Presiden China Xi Jinping . Perempuan yang dulunya penyanyi folk terkenal inilah yang membantu membuka jalan suaminya menuju kekuasaan di negara komunis hingga tiga periode.

Jauh sebelum menikah dengan pria paling berkuasa di China, Peng Liyuan sudah tahu suami seperti apa yang dia incar.

Dalam sebuah wawancara tahun 1999 dengan acara bincang-bincang Hong Kong, Peng mengatakan bahwa dia menginginkan seorang pria yang "sukses, ambisius, dan suka memerintah dalam hubungan".

Ketika ditanya apakah suaminya; Xi Jinping—yang masih jauh dari puncak kepemimpinan China—memenuhi persyaratannya, Peng tidak ragu-ragu.

"Saya sudah menikah dengannya selama lebih dari satu dekade, tentu saja dia sukses," katanya.

Keyakinan Peng terhadap masa depan suaminya ternyata benar.



Setelah Xi terpilih sebagai pemimpin Partai Komunis China pada 2012 dan diangkat sebagai Presiden China pada tahun berikutnya, Peng menjadi Ibu Negara dari negeri tirai bambu.

Tidak seperti pendahulunya, Peng menikmati sorotan.

Dia kerap menemani Xi ke konferensi internasional dan kunjungan diplomatik, termasuk saat sang suami tampil dan berpidato di PBB dan acara amal global.

Dia juga merupakan kekuatan pendorong yang membantu suaminya mendapatkan dukungan dari 1,4 miliar orang, yang sekarang berhasil meraih jabatan periode ketiga dalam kekuasaan.

Sebelum Xi menjadi presiden pada 2012, Peng, salah satu penyanyi paling dicintai di China, jauh lebih terkenal daripada suaminya.

Lahir pada tahun 1962, Peng berasal dari keluarga seniman di Provinsi Shandong.

Ibunya adalah seorang aktris opera klasik China yang terkenal.

Pada tahun 1984, dia bergabung dengan band musik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), yang telah menjadi rumah bagi musisi dan artis top China karena sumber daya yang kaya dan peluang pertunjukan.

Dia dilaporkan tampil untuk kekuatan militer yang menindas protes Lapangan Tiananmen pada Juni 1989.

Peng terus naik pangkat, menjadi dekan Akademi Seni PLA.

Selain tampil untuk tentara dan pada upacara-upacara penting, Peng juga sering tampil di acara khusus malam tahun baru yang paling banyak ditonton di televisi di China.

Dia tampil di seluruh China, dia menarik banyak orang ke mana pun dia pergi.

Dia juga tidak takut untuk berpolitik, memimpin beberapa kampanye untuk meningkatkan kesadaran HIV/AIDS di kalangan masyarakat China.

"Peng mendapat dukungan massa domestik dari publik karena pesona dan karisma pribadinya," kata profesor politik China di Guilford College, George Guo.

Dia mengatakan popularitas Peng dalam ketentaraan berdampak besar pada karir Xi, terutama ketika dia pertama kali bergabung dengan kepemimpinan pusat Angkatan Darat pada 2010.

"Dia telah dipandang sebagai salah satu tokoh paling penting yang melumasi hubungan yang mulus antara Xi dan Tentara Pembebasan Rakyat," kata Profesor Guo.

"Terutama dalam beberapa tahun terakhir, [Peng] semakin berperan dalam membantu ketua partai membangun citra sebagai pemimpin yang baik hati dengan cinta, kebaikan, dan kasih sayang untuk rakyat."

Rekan-rekan Xi di departemen propaganda Partai telah menggunakan hubungannya dengan Peng untuk melembutkan citranya sejak dia menjadi orang paling berkuasa di China pada 2013.

Media pemerintah membuat banyak kisah cinta mereka, sebuah langkah yang sangat tidak biasa bagi kepemimpinan partai, yang selama beberapa dekade menyembunyikan kehidupan pribadi mereka dari publik China.

Pada tahun 1986, Peng, yang saat itu berusia 24 tahun, dijebak oleh seorang teman untuk bertemu dengan Xi, seorang wakil wali kota Xiamen berusia 33 tahun yang bercerai di Provinsi Fujian.

Peng saat itu mengenakan "celana tentara longgar" untuk melihat apakah Xi hanya tertarik padanya karena penampilan dan ketenarannya.

Namun dia mengatakan satu pertanyaan dari Xi membuatnya langsung jatuh cinta.

"Ada berapa jenis nyanyian?" tanya Xi, yang membuat Peng merasa dihargai atas bakatnya.

Xi kemudian memberi tahu Peng bahwa dia juga jatuh cinta padanya selama kencan pertama mereka.

"Saya sudah mengenalimu sebagai calon istriku yang pertama 40 menit kita bertemu," katanya.

Pasangan itu menikah pada tahun 1987 dan menyambut putri mereka, Xi Mingze, pada tahun 1992.

Pasangan itu menyembunyikan putri mereka dari pandangan publik, tetapi terkadang Peng menyebut gadis kecilnya di depan umum.

Media pemerintah melaporkan bahwa seperti ibu-ibu China lainnya, Peng frustrasi karena putrinya sering menolak untuk berlatih piano satu jam per hari.

Pasangan itu dilaporkan mengirim putri mereka ke Amerika Serikat, di mana dia belajar psikologi di Universitas Harvard hingga 2014—detail yang belum pernah dilaporkan di China.

Peng sering menemani suaminya dalam kunjungan diplomatik ke luar negeri, bergabung dengan pasangan pemimpin lain untuk pertemuan internasional dan melayani sebagai Utusan Khusus UNESCO untuk Pendidikan Anak Perempuan dan Perempuan.

Dalam sejarah Republik Rakyat China, belum pernah ada Ibu Negara seperti Peng.

Ada aturan tak tertulis tentang kunjungan diplomatik setelah negara itu didirikan pada 1950-an: Para pemimpin pemerintah tidak diizinkan membawa pasangan mereka jika mereka mengunjungi negara-negara sosialis.

Jika perjalanan membawa mereka ke negara non-sosialis, sang istri bisa ikut.

Baru pada tahun 1961, China melihat nilai dalam diplomasi Ibu Negara yang diilhami oleh kemewahan dan kekuatan lembut para istri presiden Amerika.

Pada tahun 1963, Wang Guangmei, istri Presiden China saat itu Liu Shaoqi, bergabung dengan suaminya dan diplomat lainnya untuk mengunjungi Indonesia.

Tetapi Liu kemudian dipenjarakan oleh Mao Zedong selama Revolusi Kebudayaan dan meninggal pada tahun 1969.

Sejak itu, sementara istri presiden China akan bergabung dengan kunjungan diplomatik ke luar negeri, tidak ada yang cukup menarik perhatian internasional seperti Peng.

Profesor Guo mengatakan selama bertahun-tahun, Xi telah menjadi "salah satu pemimpin dunia yang paling tidak populer di Barat", dan Peng sangat penting dalam melunakkan citranya.

"Peng telah memimpin komponen budaya kekuatan lunak Xi...itu telah memberikan kontribusi yang kuat dan positif bagi diplomasi luar negeri China," kata Profesor Guo.

Peng telah mengubah peran Ibu Negara China menjadi semakin seperti yang dimainkan oleh pasangan presiden AS.

Pada tahun-tahun awal pemerintahan suaminya, Peng menjalin ikatan erat dengan Ibu Negara AS Michelle Obama.

"Saya pikir Michelle Obama dan Peng Liyuan sebenarnya telah menunjukkan gaya mereka, efisien dan sopan untuk membangun hubungan dengan negara lain dan berpartisipasi dalam berbagai program melalui kunjungan mereka," kata Joy Chin-Chung Chao, profesor di Universitas Nebraska Omaha dan peneliti kepemimpinan perempuan.

Tetapi sementara kedua wanita itu menjabat sebagai diplomat yang tidak dibayar untuk negara mereka, Profesor Chao mengatakan penting untuk dicatat bahwa kekuatan Peng akan lebih terbatas daripada rekan AS-nya.

Dia menunjuk ke waktu pada tahun 2013 ketika Michelle Obama menolak untuk bergabung dengan suaminya untuk mengunjungi China.

"Michelle Obama sebenarnya menolak mengunjungi Peng Liyuan karena itu adalah hari ulang tahun putrinya," kata Profesor Chao.

Dia mengatakan untuk Peng, tidak mungkin dia bisa membuat keputusan seperti itu, karena dia diharapkan memprioritaskan perannya sebagai pasangan presiden.

Profesor Chao mengatakan Ibu Negara di seluruh dunia diharapkan untuk tetap berada dalam batas-batas peran gender tradisional, menunjukkan feminitas, keibuan, dan kesetiaan kepada suaminya.

Di China, Peng dipanggil sebagai "Mama Peng", sedangkan Xi disebut "Xi Dada" yang bisa berarti "Papa Xi" atau "Paman Xi".

"[Dan] istilah itu menunjukkan perannya dalam perspektif orang-orang China," kata Dr Ming Xie, pakar dari West Texas A&M University.

"Peng [dilihat sebagai] ibu seluruh bangsa."

Pada tahun 2014, sebuah video musik, yang dibagikan secara luas oleh media pemerintah China, berisi lirik "pria harus belajar dari Papa Xi, wanita harus belajar dari Mama Peng".

"Keluarga berkembang sehingga negara berkembang dan dunia akan berkembang," demikian bunyi video tersebut.

Para ahli mengatakan sangat hati-hati diambil untuk memastikan dia tidak pernah menaungi suaminya, meskipun dia lebih populer di kalangan orang.

Jiang Qing menunjukkan bahaya bagi seorang Ibu Negara yang mengambil terlalu banyak kekuasaan di China.

Istri keempat Mao adalah mantan aktris yang naik ke tampuk kekuasaan dan menjadi tokoh utama "Geng Empat", sebuah faksi politik yang memerintah Partai Komunis China selama Revolusi Kebudayaan.

"Dalam Revolusi Kebudayaan, Mao membutuhkan seseorang yang dia percayai, dan orang kepercayaannya pada dasarnya adalah Jiang Qing," kata Profesor Guo.

Jiang ditangkap pada tahun 1976 setelah kematian suaminya.

Dari putra seorang reformis China yang disegani hingga pemimpin permanen Partai Komunis China, Xi Jinping telah membentuk kembali politik domestik dan tatanan internasional China dalam dekade terakhir, di mana para ahli memperkirakan China yang lebih mendominasi dan agresif dalam lima tahun ke depan.

"Deng Xiaoping, yang kemudian mengambil alih partai, memutuskan untuk memperkuat norma partai terhadap apa yang disebut istri mencampuri urusan negara," kata Profesor Guo.

“Ruang partai membatasi peran yang dimainkan oleh pasangan pemimpin partai politik dalam politik partai."

"Bukan hanya Xi, tidak hanya untuk peringkat teratas pertama Partai Komunis China, tetapi juga seluruh rantai komando," ujarnya.

Tetapi dengan Xi sekarang meraih masa jabatan ketiga yang bersejarah, Profesor Guo berharap Peng akan terus memainkan peran penting dalam mempromosikan suaminya selama lima tahun ke depan.

"Akan menarik untuk melihat apakah pengaruh politik Peng Liyuan yang berkembang di Partai Komunis China dapat membuatnya semakin terlibat dalam politik partai," katanya.

Dr Xie juga percaya Peng tetap menjadi aset besar bagi Xi.

"Karena pengalamannya, dia benar-benar tahu bagaimana memainkan perannya di depan publik," kata Dr Xie.

"Dia masih memiliki banyak efek positif pada bagaimana publik memandang pemimpin utama kita, dan dia lebih mudah didekati dibandingkan dengan Xi."

Namun, baik Profesor Chao dan Dr Xie mengatakan meskipun Peng bangkit, politik China masih bukan tempat yang ramah bagi perempuan.

Dalam lima tahun terakhir, tidak ada satu pun perempuan di kelompok pimpinan elite partai yang beranggotakan tujuh orang itu.

Hanya satu perempuan yang terpilih dalam 25 anggota Politbiro.

China berada di tengah-tengah perdebatan sengit tentang perlakuan terhadap perempuan di rumah dan di jalanan.

Pada bulan Januari, sebuah video dari seorang wanita yang dirantai yang diduga menjadi korban perdagangan manusia menjadi viral di media sosial China, dan puluhan pembangkang menandatangani surat terbuka kepada PBB yang menyerukan untuk menghapus posisi Peng sebagai Utusan UNESCO untuk Anak Perempuan dan Hak-Hak Perempuan.

"Kita hidup dalam masyarakat yang ber-gender," kata Profesor Chao.

"Kami [harus] melakukan peran gender untuk memenuhi harapan masyarakat, belum lagi masyarakat yang mendominasi laki-laki di China dan Partai Komunis."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)