Pesawat MiG-31 Rusia Tembak Jatuh Jet Tempur Su-24 Ukraina dari Ketinggian

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 00:38 WIB
loading...
Pesawat MiG-31 Rusia Tembak Jatuh Jet Tempur Su-24 Ukraina dari Ketinggian
Rusia klaim pesawat MiG-31 miliknya telah menembak jatuh jet tempur Su-24 Ukraina. Foto/TASS
A A A
KIEV - Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan pada Kamis bahwa pesawat tempur MiG-31 Moskow telah menembak jatuh jet tempur Su-24 Ukraina .

Menurut kementerian tersebut, pesawat MiG-31 ditugaskan untuk patroli udara di area yang dimandatkan.

Para kru kemudian mendeteksi target udara selama salah satu penerbangannya. Setelah dipastikan bahwa targetnya adalah pesawat musuh, kru meluncurkan rudal udara-ke-udara untuk mencegat Su-24 Ukraina.

Tanpa merinci tanggal dan lokasi insiden, kementerian itu merilis video yang menunjukkan awak MiG-31 bersiap untuk misi dan lepas landas membawa dua rudal RVV-BD dengan jangkauan tembak 300 km di bawah badan pesawat dan dua rudal RVV-SD dengan jangkauan tembak maksimum 110 km di bawah tiang sayap.



Setelah lepas landas, pesawat MiG-31 ditampilkan berputar dan mendaki ke ketinggian yang tinggi. Kemudian menetap dalam patroli tempur.

Tidak ada peluncuran rudal yang ditampilkan. Saat mendarat, pesawat masih terlihat dengan 2 rudal RVV-BD masih di bawah badan pesawat dan satu rudal RVV-SD di tiang sayap kanan. Sayap kiri tidak terlihat dalam rekaman video.

Jika pesawat yang ditampilkan dalam video adalah pesawat yang terlibat dalam pertempuran, maka dapat diasumsikan bahwa MiG-31 menembak jatuh Su-24 menggunakan rudal RVV-SD.

Rudal RVV-BD biasanya digunakan untuk melawan aset bernilai tinggi yang beroperasi pada jarak ekstrem, termasuk pesawar tanker dan pesawat AWACS.

Sebuah laporan Izvestia tentang insiden tersebut, yang dikutip EurAsian Times, Jumat (28/10/2022), merinci rekaman di mana Alexander—komandan pesawat MiG-31—mengatakan bahwa awak Su-24 menyadari ancaman yang ditimbulkan oleh MiG-31."Dan mencoba bermanuver untuk mengganggu serangan itu," katanya.

Menurutnya, awak MiG-31 meluncurkan rudal jarak jauh, menerangi mereka, dan mengamati Su-24 menghilang dari radar udara mereka.

Mereka kemudian menerima konfirmasi dari radar pengendali mereka bahwa pesawat Su-24 telah terkena. MiG-31 kemudian melanjutkan patroli udaranya.

Baik RVV-BD dan RVV-SD mengharuskan pesawat peluncur untuk terus menerangi target dengan radar mereka sampai pencari radar AESA mereka mengunci target.

Varian MiG-31BM dilengkapi dengan radar PESA Zalson-AM yang sangat efektif dalam mendeteksi target yang terbang rendah, termasuk rudal jelajah, terhadap ground clutter.

Pesawat tempur Ukraina, yang sebagian besar terbang pada level rendah untuk menghindari deteksi radar pertahanan udara berbasis darat Rusia, mudah ditangkap oleh radar Zalson dari MiG-31.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)