4 Negara Tetangga Indonesia yang Terapkan Wajib Militer, Nomor 3 Pakai Undian

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 18:51 WIB
loading...
4 Negara Tetangga Indonesia yang Terapkan Wajib Militer, Nomor 3 Pakai Undian
Sejumlah negara di Asia Tenggara menerapkan wajib militer, salah satunya Thailand. Foto/Nikkei
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara tetangga Indonesia di kawasan Asia Tenggara diketahui menerapkan wajib militer.

Untuk diketahui, wajib militer merupakan sebuah peraturan yang mewajibkan warga negara guna mengikuti serangkaian pelatihan dan pendidikan militer.

Negara yang menerapkan aturan ini biasanya memiliki serangkain alasan beragam. Dari kekurangan personel militer, keadaan darurat negara, dan lain sebagainya.

Berikut empat negara tetangga Indonesia yang menerapkan wajib militer.



1. Singapura

Singapura juga memiliki aturan dalam kaitannya dengan wajib militer. Mengutip informasi dari laman National University of Singapore, RUU Layanan Nasional (Amandemen) disahkan pada 14 Maret 1967.

Dalam aturan tersebut, semua warga negara Singapura berjenis kelamin laki-laki dan berusia 18 tahun wajib menjalani dua tahun dinas militer. Meski telah dimodifikasi seiring waktu, namun undang-undang tersebut tetap mempertahankan fokus utamanya, yakni melindungi negara dan rakyatnya dari ancaman asing.

2. Vietnam

Negara tetangga Indonesia yang menerapkan wajib militer berikutnya adalah Vietnam. Mengutip informasi dari laman Vietnam Plus, negara ini diketahui telah mewajibkan dinas militer selama dua tahun.

Adapun untuk pesertanya adalah pria muda yang berusia antara 18 sampai 25 tahun. Sedangkan untuk wanita, mereka juga bisa menjadi sukarelawan apabila bersedia.



3. Thailand

Negeri Gajah Putih menjadi salah satu negara yang menerapkan wajib militer. Mengutip informasi dari laman Al Jazeera, berdasarkan Undang-Undang Dinas Militer Thailand 1954, pria Thailand yang telah mencapai usia 21 tahun dinyatakan telah memenuhi syarat untuk mengikuti wajib militer.

Jika mereka tidak menjadi seorang sukarelawan, maka diwajibkan untuk mengikuti undian yang dilakukan setiap bulan April. Nantinya, nasib mereka akan ditentukan melalui kartu yang didapatnya.

Kartu warna hitam untuk pengecualian, sedangkan warna merah berarti harus mengikuti wajib militer. Untuk diketahui, setiap tahunnya Thailand merekrut sekitar 100.000 personel baru.

4. Myanmar

Kemudian ada juga Burma atau Myanmar, bedanya status wajib militer di negara ini belum diresmikan.

Mengutip informasi dari laman Myanmar Now, Pemimpin junta militer Min Aung Hlaing beberapa waktu yang lalu disebut akan menjadikan penerapan undang-undang wajib militer sebagai salah satu prioritas pemerintahannya.

Dalam hal ini, dia berencana untuk memberlakukan kembali Undang-Undang Dinas Militer Rakyat 2010 yang sempat diberlakukan pada era Than Shwe. Pada aturan tersebut, setiap pria dan wanita Myanmar wajib melakukan dinas militer hingga 3 tahun serta bisa diperpanjang sampai 5 tahun jika berada di keadaan darurat.



Demikian ulasan mengenai negara tetangga Indonesia yang menerapkan wajib militer.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)