Putin Puji MBS Dukung Keseimbangan Pasar Minyak Dunia

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Saat pidato di Valdai, Putin mengkritik negara-negara Barat yang memicu konflik di penjuru dunia untuk memperkuat hegemoni.

“Dari menghasut konflik di Ukraina dan provokasi di sekitar Taiwan hingga mengacaukan pasar pangan dan energi dunia, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya telah meningkatkan ketegangan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir dan terutama dalam beberapa bulan terakhir,” ungkap Putin.

“Mengatur dunia adalah apa yang disebut Barat telah dipertaruhkan dalam permainan ini, yang tentu saja berbahaya, berdarah dan, saya akan mengatakan, kotor. Ini menyangkal kedaulatan negara dan rakyat, identitas dan keunikan mereka, dan mengabaikan kepentingan negara lain,” tegas presiden Rusia.

Dia menjelaskan, dalam apa yang disebut “tatanan dunia berbasis aturan”, hanya mereka yang membuat “aturan” yang memiliki hak, sementara semua orang hanya harus patuh.

“Namun, Barat tidak memiliki ide konstruktif dan perkembangan positif, mereka tidak memiliki apa pun untuk ditawarkan kepada dunia kecuali pelestarian dominasi mereka,” ujar dia.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)