Unjuk Kekuatan, Rusia Luncurkan Rudal Balistik Saat Latihan Nuklir

Kamis, 27 Oktober 2022 - 04:29 WIB
loading...
Unjuk Kekuatan, Rusia Luncurkan Rudal Balistik Saat Latihan Nuklir
Rusia meluncurkan rudal balistik sebagai bagian dari latihan nuklir. Foto/VOA
A A A
MOSKOW - Rusia meluncurkan rudal balistik sebagai bagian dari latihan nuklir yang digelarnya pada Rabu (26/10/2022). Latihan tersebut diamati langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Latihan tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian komentar eskalasi dari Moskow dan Putin bahwa konflik delapan bulan di Ukraina dapat berubah menjadi nuklir.

"Di bawah kepemimpinan Vladimir Putin, sesi pelatihan diadakan dengan pasukan pencegahan strategis darat, laut dan udara, di mana peluncuran praktis rudal balistik dan jelajah berlangsung," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari NDTV, Kamis (27/10/2022).

Media pemerintah Rusia memuat rekaman kru kapal selam yang tengah mempersiapkan peluncuran rudal balistik Sineva dari Laut Barents di Kutub Utara.



Latihan itu juga termasuk peluncuran rudal uji dari semenanjung Kamchatka di Timur Jauh Rusia.

Rekaman latihan di media pemerintah muncul setelah Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mendesak dengan panggilan telepon ke rekan-rekannya secara global, mengklaim bahwa Ukraina sedang mengembangkan "bom kotor".

Shoigu, yang telah membuat klaim ini dalam beberapa hari terakhir kepada rekan-rekan dari negara-negara NATO, mengulanginya kepada rekannya dari China Wei Fenghe.

Shoigu, kata Moskow, juga menyuarakan "keprihatinan" yang sama di telepon dengan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh sebelumnya pada hari Rabu.

Ukraina telah menolak tuduhan itu sebagai tidak masuk akal dan berbahaya, menunjukkan bahwa klaim tersebut dapat menutupi rencana Rusia sendiri di medan perang, seperti halnya sekutu Baratnya termasuk Inggris, Prancis, dan Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)