Rusia Beritahu Amerika Serikat: Kami Latihan Kekuatan Nuklir!

Rabu, 26 Oktober 2022 - 03:51 WIB
loading...
Rusia Beritahu Amerika Serikat: Kami Latihan Kekuatan Nuklir!
Rusia telah memberitahu Amerika Serikat bahwa Moskow menggelar latihan kekuatan nuklir. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Rusia telah memberitahu Amerika Serikat (AS) bahwa militer Moskow sedang bersiap untuk latihan kekuatan nuklir tahunannya. Manuver ini telah dimulai sejak17 hingga 30 Oktober 2022.

Pemerintah Amerika pada Selasa mengonfirmasi pemberitahuan dari Moskow tersebut, yang menurut Washington akan menurunkan risiko salah perhitungan pada saat retorika nuklir Rusia yang sembrono.

Amerika Serikat mengatakan pihaknya berekspektasi Rusia akan melakukan uji peluncuran rudal selama latihan tahunan pasukan nuklir strategisnya; "Grom", mencatat di masa lalu bahwa Moskow telah menembakkan rudal balistik antar-benua.



Menurut para pejabat Washington, di bawah Perjanjian New START, Rusia berkewajiban untuk memberikan pemberitahuan sebelumnya tentang peluncuran rudal tersebut.

"AS telah diberitahu, dan, seperti yang telah kami soroti sebelumnya, ini adalah latihan rutin tahunan oleh Rusia," kata juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Patrick Ryder pada konferensi pers yang dilansir Reuters, Rabu (26/10/2022).

Ryder menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Latihan tersebut menghadirkan tantangan potensial bagi Amerika Serikat dan sekutunya, karena Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperumit niatnya setelah secara terbuka mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk membela Rusia dalam invasinya ke Ukraina.

Rusia pada hari Selasa juga membawa tuduhan ke Dewan Keamanan PBB bahwa Ukraina sedang bersiap untuk menggunakan "bom kotor" di wilayahnya sendiri untuk kemudian dituduhkan pada Moskow. Klaim itu ditolak mentah-mentah oleh para pejabat Barat dan Ukraina sebagai informasi yang salah dan dalih untuk meningkatkan perang.

Para pejabat Barat telah menyatakan keyakinannya pada kemampuan mereka untuk membedakan perbedaan antara latihan Rusia dan setiap langkah Putin untuk mengatasi ancaman nuklirnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)