Peringatan 40 Hari Mahsa Amini, Bentrokan Pecah di Seluruh Iran

Kamis, 27 Oktober 2022 - 01:08 WIB
loading...
A A A
Kelompok hak asasi Kurdi Hengaw mengatakan keluarga Amini di bawah tekanan dari pasukan keamanan untuk menulis pernyataan itu, menambahkan bahwa mereka telah mengancam akan menangkap saudara laki-laki Amini jika prosesi itu berlangsung.

Aksi protes besar juga pecah di Teheran, di mana pasukan keamanan menembakkan gas air mata ke demonstran yang berduka atas kematian Amini.

Video yang diposting ke media sosial menunjukkan demonstran membakar tong sampah dan melempar batu. Pasukan keamanan terlihat menembakkan senjata pelet sebagai balasannya.

Sekelompok pengunjuk rasa di Teheran yang dilaporkan sebagai dokter dan dokter gigi terlihat meneriakkan “kebebasan, kebebasan, kebebasan!,” menurut video lain yang diposting di media sosial. Video terpisah lainnya menunjukkan gas air mata ditembakkan ke arah mereka.

Menurut video yang diposting di media sosial, unit anti-huru-hara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran terlihat berbaris di Teheran ketika aksi protes meningkat pada hari Rabu.



Unit serupa menembaki sekelompok dokter yang memprotes di Teheran pada hari sebelumnya memaksa kerumunan untuk bubar, menurut orang yang mengambil video. Tidak jelas apa yang ditembakkan dalam video tersebut.

Protes juga terjadi di universitas-universitas di seluruh negeri termasuk Universitas Ferdowsi di Mashhad; Universitas Azad di Karaj; Cabang Sains dan Penelitian Universitas Islam Azad Teheran; dan Universitas Azad – Kerman.

Kantor berita Iran, IRNA melaporkan, Universitas Teknologi Sharif di Teheran telah mengumumkan bahwa kelas siswa baru akan terus diadakan secara virtual sampai pemberitahuan lebih lanjut karena beberapa masalah dan kondisi yang tidak kondusif.

Saat aksi protes berkecamuk, para pemimpin internasional telah mengutuk penindasan pengunjuk rasa damai oleh pasukan Iran. Amerika Serikat (AS) memberlakukan banyak sanksi baru terhadap pejabat Iran yang terlibat dalam tindakan keras yang sedang berlangsung pada hari Rabu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)