Pahatan Batu Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Mosul

Kamis, 27 Oktober 2022 - 00:15 WIB
loading...
Pahatan Batu Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Mosul
Pahatan baru berusia 2.700 tahun ditemukan di Mosul, Irak. Foto/Artnews
A A A
BAGHDAD - Para arkeolog di Irak utara pekan lalu menemukan pahatan batu berusia 2.700 tahun yang menampilkan pemandangan perang dan pepohonan dari Kekaisaran Asyur. Hal itu diungkapkan oleh seorang arkeolog.

Ukiran pada lempengan marmer ditemukan oleh tim ahli di Mosul, kota terbesar kedua di Irak, yang telah bekerja untuk memulihkan situs Gerbang Mashki kuno, yang dibuldoser oleh militan kelompok Negara Islam (ISIS) pada tahun 2016.

Kepala pekerjaan restorasi, Fadhil Mohammed mengatakan, tim terkejut dengan menemukan delapan mural dengan prasasti, gambar dekoratif dan tulisan.



Gerbang Mashki adalah salah satu gerbang terbesar di Niniwe, sebuah kota kuno Asyur di bagian wilayah bersejarah Mesopotamia.

Ukiran yang ditemukan antara lain menunjukkan seorang pejuang bersiap untuk menembakkan panah sementara yang lain menunjukkan pohon palem.

“Tulisan menunjukkan bahwa mural ini dibangun atau dibuat pada masa pemerintahan Raja Sennacherib,” tambah Mohammed, mengacu pada Raja Kekaisaran Neo-Asyur yang memerintah dari 705 hingga 681 SM, seperti dilansir dari AP, Kamis (27/10/2022).



Kelompok Negara Islam menguasai sebagian besar Irak dan Suriah pada tahun 2014 dan melakukan kampanye penghancuran sistematis situs arkeologi yang tak ternilai di kedua negara. Para ekstremis merusak museum dan menghancurkan situs arkeologi utama dalam semangat mereka untuk menghapus sejarah.

Pasukan Irak yang didukung oleh koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) membebaskan Mosul dari ISIS pada 2017 dan para ekstremis kehilangan sebidang tanah terakhir yang pernah mereka kuasai dua tahun kemudian.

Wilayah Irak saat ini adalah rumah bagi beberapa kota paling awal di dunia. Ribuan situs arkeologi tersebar di seluruh negeri, tempat bangsa Sumeria, Babilonia, dan Asiria pernah hidup.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)