Israel Temukan 44 Koin Emas di Wilayah Bekas Taklukan Muslim

Selasa, 04 Oktober 2022 - 12:24 WIB
loading...
Israel Temukan 44 Koin Emas di Wilayah Bekas Taklukan Muslim
Arkeolog Israel temukan 44 koin emas di situs Banias, wilayah yang pernah ditaklukkan komunitas Muslim. Foto/Dafna Gazit/IAA via Times of Israel
A A A
BANIAS - Para arkeolog Israel menemukan 44 koin emas di situs arkeologi Banias, cagar alam Sungai Hermon, yang pernah ditaklukkan komunitas Muslim ribuan tahun silam.

Otoritas Purbakala Israel (IAA) mengatakan puluhan koin emas itu ditemukan tersembunyi di dasar dinding situs arkeologi Banias.

Koin-koin emas itu diduga disembunyikan oleh pemilik yang melarikan diri selama era Penaklukan Muslim pada 635 M.

Timbunan koin emas, dengan berat sekitar 170 gram, ditemukan tersimpan di dasar dinding batu ashlar.



"Penemuan ini mencerminkan momen tertentu, ketika kita dapat membayangkan pemilik menyembunyikan kekayaannya dalam ancaman perang, berharap untuk kembali suatu hari untuk mengambil hartanya," kata direktur penggalian dari IAA, Yoav Lerer, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Times of Israel, Selasa (4/10/2022).

“Dalam retrospeksi, kita tahu bahwa dia kurang beruntung.”

“Penemuan timbunan koin juga dapat menjelaskan ekonomi kota Banias selama 40 tahun terakhir pemerintahan Bizantium,” kata Lerer.

Beberapa koin diidentifikasi dicetak oleh Kaisar Phocas (602–610 M) dan yang lainnya oleh Kaisar Heraclius (610–641 M). Koin Heraclius terbaru bertanggal pada saat Penaklukan Muslim.

Pakar koin Otoritas Pirbakala Israel, Gabriela Bijovsky, mengatakan koin Kaisar Heraclius sangat menarik karena mereka menggambarkan catatan selang waktu keluarganya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)