Dua Sistem Baru NASAMS Dipasang di Ukraina Hari Ini

Rabu, 26 Oktober 2022 - 13:43 WIB
loading...
Dua Sistem Baru NASAMS Dipasang di Ukraina Hari Ini
Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Canggih Nasional (NASAMS) menembakkan rudal. Foto/Forsvarets Mediearkiv/Kongsberg Defence and Aerospace
A A A
KIEV - Dua Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Canggih Nasional (NASAMS) yang baru-baru ini dikirim ke pemerintah Amerika Serikat (AS) saat ini sedang dipasang di Ukraina.

CEO Raytheon Greg Hayes mengungkapkan hal itu dalam wawancara.

"Kami baru saja mengirimkan dua sistem NASAMS ... kami mengirimkannya ke pemerintah (AS) beberapa pekan yang lalu, mereka sedang dipasang di Ukraina hari ini," ungkap Hayes kepada CNBC pada Selasa (25/10/2022).



Pentagon tidak segera menanggapi Sputnik untuk permintaan komentar tentang masalah ini.

Hayes menambahkan, “Saat ini pemerintah AS telah memutuskan mereka hanya akan mengizinkan NASAMS masuk ke Ukraina dan bukan sistem pertahanan rudal Patriot, namun, itu adalah topik diskusi yang sedang berlangsung antara Raytheon dan pejabat AS.”

“Setiap keputusan akhir tentang apakah sistem pertahanan rudal Patriot akan dikerahkan ke Ukraina akan datang dari Gedung Putih,” ujar Hayes.



Ukraina mengharapkan menerima minimal enam NASAMS lagi sebagai bagian dari paket bantuan militer senilai USD2,98 miliar untuk Kiev yang diumumkan pada Agustus.

Meski demikian, hal itu tidak diperkirakan akan dikirimkan ke Ukraina dalam waktu dekat.

NASAMS adalah sistem pertahanan udara berbasis darat jarak pendek hingga menengah yang dapat melawan drone, helikopter, rudal jelajah, dan pesawat terbang.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)