Macron Memohon Paus Fransiskus Telepon Putin dan Biden

Rabu, 26 Oktober 2022 - 12:03 WIB
loading...
Macron Memohon Paus Fransiskus Telepon Putin dan Biden
Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu Paus Fransiskus di Vatikan. Foto/REUTERS
A A A
VATIKAN - Presiden Prancis Emmanuel Macron memohon kepada Paus Fransiskus untuk menjangkau para pejabat sekuler dan agama senior di Rusia dan Amerika Serikat (AS) untuk mendorong perdamaian di Ukraina.

Pengakuan itu diungkapkan saat wawancara majalah. “Saya mendorong Paus Fransiskus menelpon (Presiden) Vladimir Putin dan (kepala Gereja Ortodoks Rusia) Patriark Kirill dari Moskow, tetapi juga (Presiden AS) Joe Biden,” ungkap Macron kepada Le Point dalam artikel yang diterbitkan pada Selasa (25/10/2022).

Dia bertemu Paus Fransiskus di Vatikan pada Senin. “Kita membutuhkan Amerika Serikat untuk duduk di meja untuk mempromosikan proses perdamaian di Ukraina,” papar Macron.

Baca juga: Presiden Iran: Pembangunan Dunia Multipolar Tidak Dapat Dihentikan

Macron menjelaskan, “Joe Biden memiliki hubungan kepercayaan yang nyata dengan Paus. Paus dapat memiliki pengaruh padanya untuk keterlibatan kembali Amerika di Haiti dan Ukraina.”

Biden terkenal sebagai penganut Katolik. Dia menjadi presiden AS kedua yang menjabat yang menganut cabang agama Kristen itu, setelah John F Kennedy.

Kremlin menyambut baik gagasan itu, dengan juru bicara Dmitry Peskov menyatakan Rusia menganggap Macron “bertujuan menemukan kemungkinan penyelesaian” terhadap krisis di Ukraina.

Baca juga: Inilah Total Uang Per Bulan yang Diminta Ukraina dari Negara-negara Lain

“Yang mengatakan, pernyataan itu tidak mengatakan apa-apa tentang siapa pun yang menelpon Presiden (Ukraina Volodymyr) Zelensky dan menyelesaikan masalah sistem hukum, yang saat ini melarang pembicaraan dengan Rusia,” ujar dia.

“Rusia bersedia membahas perdamaian dengan pihak mana pun, baik itu AS, Prancis, atau Paus, tetapi hampir tidak dapat berbicara dengan Ukraina setelah negara itu melarang dirinya melakukan diplomasi,” papar Peskov.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1809 seconds (11.210#12.26)