Warga Ukraina di Luar Negeri Diminta Tidak Kembali Musim Dingin Ini

Rabu, 26 Oktober 2022 - 07:03 WIB
loading...
Warga Ukraina di Luar Negeri Diminta Tidak Kembali Musim Dingin Ini
Olga Kobzar berdiri di dapurnya saat dia menunjukkan cara dia memanaskan rumahnya dengan kompor gas di apartemennya di lingkungan Saltivka di Kharkiv, Ukraina, 22 September 2022. Foto/REUTERS/Umit Bektas
A A A
KIEV - Warga Ukraina yang telah meninggalkan negara itu di tengah serangan militer Rusia tidak boleh pulang sebelum musim semi.

Wakil Perdana Menteri (PM) Ukraina Irina Vereshchuk mengungkapkan hal itu pada Selasa (25/10/2022).

“Menjauh akan melindungi mereka dari risiko yang tidak perlu dan membantu negara bertahan dari krisis energi yang semakin dalam,” papar dia.



Berbicara di TV nasional pada Selasa, Vereshchuk mengklaim Rusia kalah di medan perang dan karena itu beralih ke "meneror penduduk sipil" dengan menargetkan infrastruktur energi Ukraina.

“Aku akan memintamu untuk tidak kembali, kita harus selamat dari musim dingin. Sayangnya, jaringan listrik tidak akan bertahan, Anda lihat apa yang dilakukan Rusia. Anda tidak perlu melakukan ini. Jika Anda memiliki kesempatan untuk tinggal, lebih baik menghabiskan musim dingin di luar negeri,” ujar Vereshchuk.

Dia mengatakan ingin melihat semua orang kembali di musim semi untuk membangun kembali kota dan desa Ukraina bersama-sama.

“Anak-anak kita harus tinggal dan belajar di sini, tetapi untuk saat ini mari kita menahan diri, karena kita mengerti bahwa situasinya akan memburuk, dan kita harus bertahan hidup di musim dingin. Kita akan bertahan di musim dingin, dan kemudian kita akan memikirkan yang lainnya,” papar dia.

Menurut jajak pendapat yang diterbitkan pusat Razumkov yang berbasis di Kiev pada akhir Agustus, lebih dari 90% pengungsi Ukraina berencana kembali ke rumah di beberapa titik.

Lebih dari 88% dari mereka yang berniat kembali berencana tinggal di wilayah yang sama di mana mereka tinggal sebelum dimulainya serangan Rusia pada 24 Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)