8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia

Senin, 06 Juli 2020 - 19:36 WIB
loading...
8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia
Jumlah kepemilikan tank sebuah negara pada umumnya menjadi dasar dari kekuatan darat negara tersebut. Foto/Ist
A A A
MOSKOW - Tank, sejauh ini masih menjadi senjata bergerak di darat paling kuat di dunia. Jumlah kepemilikan tank sebuah negara pada umumnya menjadi dasar dari kekuatan darat negara tersebut.

( Baca juga: Delapan Penyakit Infeksi Paling Mematikan di Dunia )

Sejumlah negara saat ini tengah berlomba-lomba untuk menciptakan tank paling kuat dan juga "lincah" di dunia, untuk memperkuat pertahanan mereka. Melansirwww.globalfirepower.com, berikut adalah delapan negara dengan kekuatan tank terbesar di dunia.

1. Rusia

8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia


Sebagai salah satu negara pengembang dan produsen utama senjata dan peralatan tempur di dunia, tidak mengherankan Rusia berada di posisi puncak sebagai negara dengan jumlah tank paling banyak di dunia.

Hingga saat ini, Moskow diketahui memiliki 12.950 tank, dari berbagai jenis, termasuk di dalamnya T-90, yang merupakan salah satu tank terbaik di dunia dan salah satu yang paling laris di pasaran saat ini.

Rusia kerap memamerkan tank-tank mereka dalam parade militer, yang biasanya digelar di Lapangan Merah yang berada di pusat kota Moksow. Terbaru, Rusia melakukan parade militer untuk merayakan "Victory Day" atau kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

2. Amerika Serikat

8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia


Saingan utama Rusia, yakni Amerika Serikat bercokol di posisi kedua sebagai negara dengan jumlah tank terbesar di dunia. Namun, jumlah tank yang dimiliki Amerika Serikat hanya separuh dari Rusia.

Amerika Serikat diketahui hingga saat ini memiliki 6.289 tank. Salah satu tank buatan Amerika Serikat, yakni M1 Abrams adalah salah satu tank terkuat di dunia, saingan terdekat dari T-90 Rusia.

3. Korea Utara

8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia


Korea Utara secara mengejutkan menempati posisi ketiga dalam daftar sebagai negara dengan kekuatan tank terbesar di dunia. Korea Utara memang diketahui sangat fokus pada pengembangan kekuatan pertahanan mereka dan sejauh ini diketahui mereka rajin dalam membangun kekuatan rudal mereka.

Berdasarkan data dari globalfirepower, Pyongyang sejauh ini memiliki 6.045 tank, atau hanya berselisih sekitar 200 tank dari Amerika Serikat.

4. Mesir

8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia


Sebagai salah satu negara terkuat di Afrika dan memiliki medan yang cukup berat, serta tantangan keamanan yang cukup tinggi, dengan adanya ancaman dari kelompok teroris, khususnya di lembah Sinai, tidak aneh Mesir memiliki tank dalam jumlah yang sangat besar.

Kairo sejauh ini diketahui memiliki 4.295 unit tank. Dua tank andalan Mesir adalah M1A1, yang merupakan hasil kolaborasi Amerika Serikat dan Mesir, serta tank T-90MS buatan Rusia.

5. India

8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia


India, salah satu negara terbesar di Asia, menduduki posisi kelima sebagai negara dengan kekuatan tank terbesar di dunia. India memiliki 4.292 unit tank hingga saat ini.

6. Suriah

8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia


Suriah bercokol di posisi keenam sebagai negara dengan kekuatan tank terbesar di dunia. Damaskus diketahui memiliki total 4.135 tank, di mana sebagian besar adalah tank buatan Rusia.

Tidak aneh Suriah memiliki jumlah tank yang cukup besar. Selain karena masih dalam posisi perang melawan kelompok oposisi, Damaskus juga berjuang melawan kelompok teroris, salah satunya adalah ISIS.

7. China

8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia


Negeri Tirai Bambu, China menduduki posisi ketujuh sebagai negara dengan kekuatan tank terbesar di dunia. Beijing, yang diketahui tengah getol mengembangkan kekuatan militer mereka, saat ini diketahui memiliki 3.500 tank di gudang persenjataan mereka.

8. Israel

8 Negara Dengan Kekuatan Tank Terbesar di Dunia


Israel menduduki posisi kedelapan sebagai negara dengan kekuatan terbesar di dunia saat ini. Tel Aviv, berdasarkan data globalfirepower saat ini memiliki 2.760 tank.

Salah tank milik Israel adalah Merkava. Tank ini adalah buatan asli Israel dan mulai beroperasi pada tahun 1978 dan perdana beraksi dalam Perang Lebanon Pertama pada tahun 1982
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)