HRW Tuding Turki Paksa Ratusan Pengungsi Kembali ke Suriah

Selasa, 25 Oktober 2022 - 02:30 WIB
loading...
HRW Tuding Turki Paksa Ratusan Pengungsi Kembali ke Suriah
HRW Tuding Turki Paksa Ratusan Pengungsi Kembali ke Suriah. FOTO/Reuters
A A A
ISTANBUL - Ratusan pria dan anak laki-laki Suriah ditahan, dipukuli, dan dikembalikan secara paksa ke negara mereka oleh pihak berwenang Turki selama enam bulan. Hal itu diungkapkan oleh kelompok hak asasi manusia terkemuka, Senin (24/10/2022).

“Perlakuan terhadap migran yang tinggal di Turki di bawah perlindungan sementara merupakan pelanggaran hukum internasional,” kata laporan Human Rights Watch yang berbasis di New York, seperti dikutip dari AP.



Pemerintah Turki di masa lalu menolak tuduhan memulangkan pengungsi secara paksa ke Suriah. Turki menampung populasi pengungsi terbesar di dunia, sebagian besar 3,6 juta warga Suriah yang melarikan diri dari perang selama satu dekade di negara mereka.

Human Rights Watch mengatakan, warga Suriah yang dideportasi mengatakan kepada peneliti bahwa pejabat Turki menangkap mereka di rumah, tempat kerja, dan di jalan. Mereka kemudian ditahan dalam kondisi yang buruk, dengan sebagian besar menderita pemukulan dan penganiayaan, dan dipaksa untuk menandatangani dokumen yang setuju untuk “secara sukarela” kembali ke Suriah.

Setelah diborgol ke perbatasan Suriah—perjalanan terkadang berlangsung hingga 21 jam—mereka dipaksa menyeberang dengan todongan senjata, kata pihak Suriah.

“Melanggar hukum internasional, otoritas Turki telah menangkap ratusan pengungsi Suriah, bahkan anak-anak tanpa pendamping, dan memaksa mereka kembali ke Suriah utara,” kata Nadia Hardman, peneliti hak pengungsi dan migran di Human Rights Watch.



Prinsip hukum nonrefoulement, yang terikat oleh perjanjian internasional oleh Ankara, melarang kembalinya siapa pun ke tempat di mana mereka akan menghadapi risiko penganiayaan, penyiksaan, atau ancaman nyata terhadap kehidupan. Komisi Penyelidikan PBB tentang Suriah bulan lalu menyatakan kembali bahwa Suriah tidak aman bagi mereka yang kembali.

Di tengah krisis ekonomi yang mengerikan, sentimen terhadap pengungsi di Turki telah berubah menjadi lebih buruk, dengan serangan terhadap rumah dan bisnis Suriah.

Menghadapi pemilihan yang semakin dekat, pemerintah sekarang bertujuan untuk mengembalikan semakin banyak orang ke daerah-daerah Suriah utara di bawah kendali militer Turki.

Awal bulan ini seorang pejabat Turki mengatakan hampir 527.000 warga Suriah telah kembali secara sukarela. Mengumumkan proyek pembangunan rumah di wilayah barat laut Suriah Idlib pada Mei, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan akan memfasilitasi kembalinya 1 juta pengungsi dari Turki.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)