Xi Jinping: Dunia Membutuhkan China!

Minggu, 23 Oktober 2022 - 17:00 WIB
loading...
Xi Jinping: Dunia Membutuhkan China!
Xi Jinping: Dunia Membutuhkan China!. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Xi Jinping mengamankan masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai pemimpin China pada Minggu (23/10/2022). Ia mempromosikan beberapa sekutu terdekat di Partai Komunis untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin negara yang paling kuat sejak Mao Zedong.

Komite Sentral Partai Komunis China memilih Xi sebagai Sekretaris Jenderalnya untuk masa jabatan lima tahun lagi, Xinhua melaporkan. Ini menggambarkan kalau negara itu dengan tegas kembali ke pemerintahan satu orang, setelah beberapa dekade berbagi kekuasaan di antara para elitnya.



“Dunia membutuhkan China,” kata Jinping saat berbicara kepada pers setelah mengamankan masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai pemimpin, seperti dikutip dari AFP. “China tidak dapat berkembang tanpa dunia, dan dunia juga membutuhkan China,” lanjutnya.

“Setelah lebih dari 40 tahun upaya tanpa henti menuju reformasi dan keterbukaan, kami telah menciptakan dua keajaiban – perkembangan ekonomi yang cepat dan stabilitas sosial jangka panjang,” urai Jinping.

Dia berjanji untuk bekerja dengan tekun dalam pelaksanaan tugasnya untuk membuktikan layak mendapat kepercayaan besar dari partai. Xi juga diangkat kembali sebagai kepala Komisi Militer Pusat China.

Pria berusia 69 tahun itu sekarang pasti akan menjalani masa jabatan ketiga sebagai presiden China, yang akan diumumkan secara resmi selama sesi legislatif tahunan pemerintah pada bulan Maret.



Keputusan kembali berkuasanya Xi Jinping terjadi setelah Kongres selama seminggu dengan 2.300 delegasi partai yang dipilih sendiri, di mana mereka mendukung “posisi inti” Xi dalam kepemimpinan dan menyetujui perombakan besar-besaran yang membuat mantan saingannya mundur.

Kongres ke-20 memilih Komite Sentral baru yang terdiri dari sekitar 200 pejabat senior partai, yang kemudian berkumpul pada hari Minggu untuk memilih Xi Jinping dan anggota Komite Tetap lainnya – puncak kekuatan politik China.

Beberapa sekutu terdekat Xi Jinping diumumkan di komite tujuh orang. Mantan ketua partai Shanghai Li Qiang, orang kepercayaan Xi, dipromosikan menjadi nomor dua, membuatnya kemungkinan akan ditunjuk sebagai perdana menteri pada sesi legislatif tahunan pemerintah Maret mendatang.

Sejak menjadi pemimpin negara itu satu dekade lalu, Xi Jinping telah mencapai konsentrasi kekuasaan yang tidak tertandingi oleh penguasa Tiongkok modern selain Mao. Dia menghapus batas dua masa jabatan presiden pada 2018, membuka jalan baginya untuk memerintah tanpa batas waktu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)