Ini Penyebab Eks Presiden China Dibawa Keluar Kongres PKC

Minggu, 23 Oktober 2022 - 08:21 WIB
loading...
A A A
Keluarnya Hu terjadi tepat sebelum 2.300 delegasi di kongres memberikan suara bulat untuk mendukung posisi kepemimpinan "inti" Xi Jinping.

"Politik kekuasaan diperlihatkan sepenuhnya," kata Ian Bremmer, presiden konsultan Grup Eurasia, di Twitter dengan video yang menunjukkan kepergian Hu.

Neil Thomas, seorang analis senior China di Eurasia Group, mengatakan insiden itu bisa saja mengikuti penentangan terhadap Xi Jinping "atau hanya sebuah 'momen senior' yang sayangnya waktunya tepat waktu."



"Apakah itu disengaja, atau dia tidak sehat, efeknya sama. Penghinaan total untuk generasi terakhir kepemimpinan pra-Xi," cuit analis Alex White.

Hasil pencarian untuk "Hu Jintao" di platform mirip Twitter China, Weibo, tampaknya sangat disensor pada Sabtu sore, dengan hasil terbaru tertanggal Jumat dan postingan terbatas pada akun resmi.

Xi Jinping secara resmi telah diumumkan sebagai sekretaris jenderal partai untuk lima tahun ke depan.

Ini akan memungkinkan dia untuk menjalani masa jabatan ketiga sebagai presiden China, yang akan diumumkan selama sesi legislatif tahunan pemerintah pada bulan Maret.

Sejak mengambil alih kursi Hu Jintao satu dekade lalu, Xi Jinping telah menjadi pemimpin paling otoriter China sejak Mao Zedong.

Xi Jinping telah menghancurkan oposisi terhadap kekuasaannya di dalam partai, dengan banyak saingannya dipenjara karena tuduhan korupsi, dan dia tidak menunjukkan toleransi terhadap segala bentuk perbedaan pendapat publik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)