Dramatis, Mantan Presiden Hu Jintao Dikeluarkan dari Kongres Partai Komunis China

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:10 WIB
loading...
Dramatis, Mantan Presiden Hu Jintao Dikeluarkan dari Kongres Partai Komunis China
Mantan presiden China Hu Jinto tiba-tiba dikeluarkan dari aula kongres Partai Komunis China secara damatis, Sabtu (22/10/2022). Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Mantan presiden China Hu Jintao tiba-tiba dikawal keluar dari kongres Partai Komunis China (PKC) secara dramatis, Sabtu (22/10/2022). Belum jelas mengapa Hu diperlakukan seperti itu.

Pria berusia 79 tahun itu terlihat lemah saat dibawa keluar dari ruang tempat kongres berlangsung. Sensor negara tampaknya dengan cepat menghapus referensi terbaru tentang Hu dari internet.

Hu tampak enggan meninggalkan barisan depan kongres di Balai Besar Rakyat Beijing, di mana dia duduk di sebelah Presiden Xi Jinping.



Seorang pelayan berusaha untuk memegang lengan Hu yang sedang duduk sebelum ketegangan memuncak. Pelayan itu kemudian berusaha mengangkat Hu dengan kedua tangan dari bawah ketiak.

Hu sempat berbicara singkat dengan Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang sebelum dia dibawa keluar dari aula.

Xi Jinping yang duduk terekam memegang kertas di atas meja ketika Hu mencoba mengambilnya.

Hu menepuk bahu Li saat dia pergi, karena sebagian besar rekannya menatap tajam ke depan.

Kongres Nasional ke-20 PKC selama seminggu sebagian besar terjadi di balik pintu tertutup, tetapi perlakuan terhadap Hu terjadi tak lama setelah wartawan diizinkan masuk untuk meliput upacara penutupan.

Pihak berwenang tidak memberikan penjelasan atas keluarnya Hu dari kongres, yang terjadi tepat sebelum 2.300 delegasi di kongres memberikan suara bulat untuk mendukung posisi kepemimpinan "inti" Xi Jinping.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)