Resmi Dilantik, Giorgia Meloni Jadi PM Wanita Italia Pertama

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 12:33 WIB
loading...
Resmi Dilantik, Giorgia Meloni Jadi PM Wanita Italia Pertama
Resmi dilantik, pemimpin sayap kanan Italia Giorgia Meloni jadi perdana menteri wanita pertama negara itu. Foto/Al Jazeera
A A A
ROMA - Pemimpin sayap kanan Italia, Giorgia Meloni, diangkat menjadi perdana menteri negeri itu pada Jumat waktu setempat. Ia menjadi wanita pertama yang memimpin dalam pemerintahan di Italia.

Penunjukan Meloni adalah peristiwa bersejarah bagi ekonomi terbesar ketiga zona euro dan untuk Brothers of Italy, yang belum pernah berada di pemerintahan.

Partai Brothers of Italy memenangkan pemilihan legislatif Italia pada 25 September lalu. Partai Brothers of Italy memenangkan 26 persen suara bulan lalu, dibandingkan dengan delapan dan sembilan persen masing-masing untuk sekutunya Forza Italia dan Liga sayap kanan.

Meski begitu, mereka tetap membutuhkan dukungan dari luar untuk membentuk pemerintahan.

Perempuan berusia 45 tahun dari Roma itu sekarang akan menunjuk menteri-menterinya yang akan dilantik pada Sabtu waktu setempat di depan Presiden Sergio Mattarella.

Tak lama setelah dia diangkat, Meloni telah menunjuk Giancarlo Giorgetti sebagai menteri ekonomi, yang sebelumnya menjabat di bawah pemerintahan Mario Draghi sebelumnya.



Giorgetti, mantan menteri pembangunan ekonomi, dianggap sebagai salah satu anggota partai Liga sayap kanan Matteo Salvini yang lebih moderat dan pro-Eropa.

Konsultasi untuk menyelesaikan pemerintahan telah dibayangi oleh ketidaksepakatan atas dukungan kuat Meloni untuk Ukraina sejak invasi Rusia, dengan dua calon mitra koalisinya yang keduanya dianggap dekat dengan Moskow.

Sebuah rekaman di mana mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi - yang memimpin Forza Italia - berbicara tentang hubungannya yang hangat dengan Moskow dan tampaknya menyalahkan perang di Ukraina pada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah bocor ke publik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)