Pertama Kalinya dalam 4 Tahun, Pakistan Dihapus dari Daftar Pengawasan Pencucian Uang Global

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 06:58 WIB
loading...
Pertama Kalinya dalam 4 Tahun, Pakistan Dihapus dari Daftar Pengawasan Pencucian Uang Global
Pertama kalinya dalam 4 tahun, Pakistan dihapus dari daftar pengawasan pencucian uang global. Foto/Ilustrasi
A A A
PARIS - Gugus Tugas Aksi Keuangan (FATF) yang berbasis di Paris, Prancis, menghapus Pakistan dari "peningkatan pemantauan" satuan tugas global yang memantau skema pencucian uang atau money laundering.

Penghapusan itu terjadi empat tahun setelah negara tersebut dimasukkan ke dalam daftar pemantauan dan setelah Pakistan meningkatkan tindakan keras terhadap skema pencucian uang. Penghapusan itu memberikan dorongan reputasi bagi negara Asia Selatan tersebut.

"Setelah banyak pekerjaan oleh pihak berwenang Pakistan, mereka telah bekerja melalui dua rencana aksi terpisah dan menyelesaikan 34 item tindakan gabungan untuk mengatasi kekurangan dalam sistem anti pencucian uang dan pendanaan kontra-teroris mereka," kata presiden FATF T Raja Kumar. konferensi pers di Paris seperti dikutip dari Washington Examiner, Sabtu (22/10/2022).



Gugus Tugas, sebuah badan pengawas internasional, menempatkan Pakistan pada apa yang disebut "daftar abu-abu" pada Juni 2018 setelah Ibu Kota Pakistan, Islamabad, gagal menerapkan kebijakan yang akan menghapus pendanaan kelompok teror internasional.

Pada Juni 2022, FATF mengatakan Pakistan akan tetap berada di daftar yang sama tetapi dapat dihapus setelah pengamatan langsung. Pengawas menyatakan bahwa pengamatan memang menunjukkan kemajuan yang memadai.

Karena penghapusannya, negara itu sekarang diizinkan untuk mengajukan bantuan keuangan karena menghadapi krisis biaya hidup dan krisis moneter lainnya, termasuk banjir dahsyat yang menyebabkan kerusakan dan kerugian setidaknya USD30 miliar.



"Pakistan keluar dari daftar abu-abu FATF adalah pembenaran dari upaya kami yang gigih dan berkelanjutan selama bertahun-tahun," tweet Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mentweet.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada kepemimpinan sipil & militer kami serta semua institusi yang kerja kerasnya membawa kesuksesan hari ini," sambungnya.

Sementara Pakistan dihapuskan, Suriah, Turki, Myanmar, Filipina, Sudan Selatan, Uganda, dan Yaman termasuk di antara mereka yang masih dalam daftar pemantauan yang meningkat oleh lembaga think tank itu hingga Maret.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)