Langka, Menhan AS dan Rusia Teleponan Bahas Perang Ukraina

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 00:00 WIB
loading...
Langka, Menhan AS dan Rusia Teleponan Bahas Perang Ukraina
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin berbicara dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melalui telepon. Keduanya membahas perang Rusia di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin telah berbicara dengan Menhan Rusia Sergei Shoigu melalui telepon. Keduanya membahas berbagai topik termasuk perang di Ukraina .

Kementerian Pertahanan Rusia melalui saluran Telegram pada Jumat (21/10/2022) mengonfirmasi kontak langka kedua Menhan tersebut.

“Pada 21 Oktober 2022, percakapan telepon diadakan antara Menteri Pertahanan Federasi Rusia, Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu, dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin. Isu-isu topikal keamanan internasional, termasuk situasi di Ukraina, dibahas," kata kementerian tersebut.



Panggilan telepon tersebut menandai kontak pertama yang dikonfirmasi antara dua pejabat tinggi pertahanan sejak Mei dan yang kedua sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Seorang juru bicara Pentagon, Brigadir Jenderal Pat Ryder, mengatakan Austin mendesak Shoigu untuk tetap membuka jalur komunikasi mengenai perang di Ukraina.

"Menteri Austin menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi di tengah perang yang sedang berlangsung melawan Ukraina," kata Ryder dalam sebuah pernyataan setelah panggilan telepon Shoigu dan Austin sebagaimana dilansir AFP.

Hubungan antara Moskow dan Washington telah merosot ke posisi terendah baru sejak dimulainya kampanye militer Rusia di Ukraina.

Rusia menuduh AS berusaha memperpanjang konflik dengan memberikan bantuan keuangan dan militer kepada Ukraina yang pro-Barat.

Menjelang KTT G20 yang diselenggarakan oleh Indonesia di Bali pada bulan November, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pekan lalu bahwa dia melihat "tidak perlu" untuk melakukan pertemuan langsung dengan Presiden AS Joe Biden.

Awal bulan ini, Biden mengatakan dia "tidak berniat" bertemu dengan Putin tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan pembicaraan.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)