Malaysia Akan Gelar Pemilihan Umum pada 19 November

Kamis, 20 Oktober 2022 - 23:19 WIB
loading...
Malaysia Akan Gelar Pemilihan Umum pada 19 November
Malaysia Akan Gelar Pemilihan Umum pada 19 November. FOTO/Reuters
A A A
KUALA LUMPUR - Malaysia akan mengadakan pemilihan umum pada 19 November. Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengatakan, pemilihan umum akan mengakhiri ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun.

“Kandidat harus mengajukan pencalonan mereka untuk menjadi anggota parlemen pada 5 November,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum, Abdul Ghani Salleh, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (20/10/2022).



Menurutnya, Hari Nominasi akan jatuh pada 5 November, sementara pemungutan suara awal akan diadakan pada 15 November. “Masa kampanye ditetapkan selama 14 hari, terhitung sejak pencalonan hingga 23.59 WIB pada 18 November,” lanjutnya saat konferensi pers.

Dia menambahkan bahwa pemilihan sela untuk kursi negara bagian Bugaya di Sabah juga akan diadakan pada periode yang sama.

“Pemilu diperkirakan menelan biaya RM1,01 miliar (USD213 juta). Lebih dari 21 juta orang akan memenuhi syarat untuk memberikan suara mereka selama pemilihan,” ungkapnya. “Aplikasi untuk pemilih pos luar negeri akan ditutup pada 23 Oktober,” lanjut Salleh.

Sebelumnya, pada 10 Oktober, Perdana Menteri sementara Ismail Sabri Yaakob mengumumkan bahwa parlemen telah dibubarkan, membuka jalan bagi pemilihan nasional yang akan diadakan sebelum akhir tahun.



Pemilihan belum dijadwalkan sampai September 2023, tetapi Ismail Sabri berada di bawah tekanan dari beberapa faksi dari koalisi yang berkuasa untuk mengadakan pemungutan suara lebih awal.

Pada 30 September, dewan tertinggi Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) memutuskan bahwa parlemen harus segera dibubarkan agar pemilihan umum dapat diadakan tahun ini.

Menyusul pembubaran parlemen, Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah mengatakan dia tidak punya pilihan selain menyetujui pembubaran parlemen.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)