PM Inggris Liz Truss Mundur, Padahal Baru 6 Minggu Menjabat

Kamis, 20 Oktober 2022 - 20:21 WIB
loading...
PM Inggris Liz Truss Mundur, Padahal Baru 6 Minggu Menjabat
Perdana Menteri Inggris Liz Truss umumkan akan mengundurkan diri setelah 6 minggu menjabat. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss pada Kamis (20/10/2022) mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri. Pengumuman mengejutkan ini muncul setelah dia baru menjabat enam minggu.

Tugas Truss yang penuh gejolak ditandai oleh kegagalan fiskal dan oposisi yang bermusuhan dari Partai Konservatif-nya sendiri atas proposalnya untuk memotong pajak pada perusahaan dan orang kaya, yang menyebabkan pasar keuangan lesu selama berminggu-minggu.

“Saya tidak bisa menyampaikan mandat yang membuat saya terpilih,” katanya, sehari setelah berjanji untuk tetap menjabat sebagai “pejuang bukan orang yang mudah menyerah.”

Baca juga: Ukraina Kembali Minta Sistem Rudal Iron Dome, Begini Jawaban Israel

Tekadnya runtuh setelah menteri seniornya mengundurkan diri dan pemungutan suara House of Commons menjadi kacau ketika anggota partai memintanya untuk mundur.

“Namun saya mengakui, mengingat situasinya, saya tidak dapat menyampaikan mandat di mana saya dipilih oleh Partai Konservatif. Karena itu saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberi tahu dia bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif,” katanya, seperti dikutip Reuters.

“Pagi ini saya bertemu dengan ketua Komite 1922, Sir Graham Brady. Kami telah sepakat bahwa akan ada pemilihan kepemimpinan yang akan diselesaikan dalam minggu depan. Ini akan memastikan bahwa kami tetap berada di jalur untuk mewujudkan rencana fiskal kami dan menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan nasional negara kami.”

Truss (47) menggantikan Boris Johnson yang mengundurkan diri pada musim panas menyusul skandal etika yang membuat 50 anggota pemerintah mundur sebagai protes.

Pemimpin dengan masa jabatan terpendek di Inggris telah disambut oleh mendiang Ratu Elizabeth beberapa hari sebelum penguasa monarki itu meninggal bulan lalu.

Penghuni singkat Downing Street sebelumnya adalah George Canning, yang meninggal sebagai perwira setelah menjabat 118 hari sebagai perdana menteri pada tahun 1827.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2612 seconds (10.101#12.26)