Kapal Selam yang Jadi Permata Mahkota Triad Nuklir AS Berkeliaran di Laut Arab

Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:17 WIB
loading...
A A A
Menurut MIT Nuclear Weapons Education Project, ledakan yang disebabkan oleh senjata semacam itu kemungkinan akan menghancurkan sebagian besar struktur dalam radius 4,9 hingga 6 kilometer dan menyebabkan luka bakar tingkat 3 pada orang-orang dalam jarak sekitar 8 kilometer dari lokasi ledakan.

Pengumuman oleh CENTCOM ditandai sebagai tidak biasa oleh para analis, karena AS biasanya tidak mengungkapkan lokasi kapal selam rudal balistiknya.

Kunjungan komandan CENTCOM ke USS West Virginia terjadi di tengah kekhawatiran bahwa Rusia dapat menggunakan senjata nuklir taktis dalam invasi berkelanjutannya ke Ukraina dan karena Iran terus menyediakan drone ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina dan juga berencana untuk menyediakan rudal balistik.

NATO juga mengadakan latihan pencegahan nuklir tahunan di Eropa barat laut yang akan berlanjut hingga 30 Oktober.

Latihan itu melibatkan 14 negara dengan 60 pesawat, termasuk jet tempur, pesawat pengintai dan pesawat tanker. Latihan yang dinamai "Steadfast Noon" itu diselenggarakan oleh sekutu NATO yang berbeda setiap tahun.

Kunjungan komandan CENTCOM ke kapal selama USS West Virginia juga terjadi ketika China terus meningkatkan retorikanya terhadap Taiwan dan ketika upaya untuk kembali ke kesepakatan nuklir JCPOA dengan Iran tetap terhenti.

Pada hari Senin, Robert Malley, Perwakilan Khusus AS untuk Iran, mengatakan kepada CNN bahwa upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir JCPOA tidak ada dalam agenda AS karena telah terhenti selama dua bulan akibat tuntutan Iran.

“Iran membuat tuntutan yang tidak ada hubungannya dengan JCPOA dan selama itu pembicaraan akan terhenti,” kata Malley, yang menambahkan bahwa AS terus percaya diplomasi adalah cara terbaik untuk menghentikan Iran dari memperoleh senjata nuklir.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)