Kapal Selam yang Jadi Permata Mahkota Triad Nuklir AS Berkeliaran di Laut Arab

Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:17 WIB
loading...
Kapal Selam yang Jadi Permata Mahkota Triad Nuklir AS Berkeliaran di Laut Arab
Komandan CENTCOM AS, Jenderal Michael Kurilla, kunjungi kapal selam rudal balistik USS West Virginia di sebuah lokasi rahasia di Laut Arab, Rabu (19/10/2022). Foto/USCENTCOM
A A A
MANAMA - Kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir USS West Virginia milik Amerika Serikat (AS) diam-diam berkeliaran di Laut Arab. Komando Pusat (CENTCOM) menyebutnya sebagai permata mahkota triad nuklir Amerika.

Operasi kapal selam itu terungkap setelah CENTCOM pada hari Rabu mengumumkan bahwa komandan mereka, Jenderal Michael Kurilla, mengunjungi kapal tersebut di sebuah lokasi yang dirahasiakan di perairan internasional di Laut Arab.

Kurilla bergabung dengan Wakil Laksamana Brad Cooper, komandan Armada Kelima Angkatan Laut AS dan Komando Pusat Angkatan Laut (NAVCENT) AS.

Kurilla menerima demonstrasi langsung kemampuan kapal tersebut selama kunjungan.

“Kapal selam ini adalah permata mahkota dari triad nuklir, dan [USS] West Virginia menunjukkan fleksibilitas, kemampuan bertahan, kesiapan dan kemampuan pasukan USCENTCOM dan USSTRATCOM di laut,” kata Kurilla, seperti dikutip Jerusalem Post, Kamis (20/10/2022).



USS West Virginia adalah salah satu dari enam kapal selam rudal balistik yang ditempatkan di Pangkalan Kapal Selam Angkatan Laut Kings Bay, Georgia.

Kapal selam ini dilengkapi dengan beberapa rudal balistik Trident D5, yang masing-masing dapat dipersenjatai dengan hingga delapan hulu ledak nuklir W88 475 kiloton.

Meski demikian, kapal tersebut memiliki kemampuan untuk membawa total 20 rudal balistik.

Setiap hulu ledak W88 memiliki hasil sekitar 23 kali lebih besar dari bom nuklir "Fat Man" yang dijatuhkan di Nagasaki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)