Jet Tempur Siluman F-35 AS Jatuh di Utah, Pilot Selamat

Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:17 WIB
loading...
A A A
“Mereka umumnya mendarat ke arah selatan seperti yang mereka lakukan hari ini. Saa mendekat, sesuatu tampak kehilangan tenaga dan menukik terlalu rendah di bawah pepohonan. Hal berikutnya yang saya lihat adalah api.”

Pangkalan Angkatan Udara Hill adalah pangkalan Komando Materiel Angkatan Udara, menurut situs webnya. Ini adalah pangkalan terbesar kedua Angkatan Udara berdasarkan populasi dan ukuran geografis.

Jet tempur siluman F-35 baru-baru ini menjadi sorotan media internasional setelah Pentagon menangguhkan pengiriman pesawat tempur tersebut karena mengandung komponen yang dibuat dengan logam campuran buatan China.

Namun, Pentagon telah mengizinkan lagi pengiriman tersebut dengan mengecualikan masalah komponen buatan China.

Menurut Kantor Program F-35, lebih dari 825 jet tempur siluman buatan Lockheed Martin yang dikirim sejauh ini memang mengandung komponen yang dibuat dengan logam campuran buatan China. Penggunaan komponen asing dilarang oleh undang-undang AS.

Kantor Program F-35 Pentagon mengatakan komponen—magnet yang digunakan dalam perangkat penggerak pesawat yang dipasok oleh Honeywell International—telah digunakan di pesawat itu sejak 2003.

"Kantor program tidak mengantisipasi penggantian magnet di pesawat yang dikirim," kata juru bicara Kantor Program F-35 Russell Goemaere, seperti dikutip Bloomberg.

Mengganti komponen buatan China dapat memerlukan perbaikan yang mahal dan memakan waktu lama.

Pentagon dan Lockheed Martin mengeklaim telah menemukan sumber AS untuk paduan atau logam campuran untuk pesawat di masa depan.

“Penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan untuk memahami faktor penyebab ketidakpatuhan dan untuk menetapkan tindakan korektif,” kata Goemaere.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)