Tuding Iran Keji dan Penipu, Kiev Putus Hubungan Diplomatik dengan Teheran

Rabu, 19 Oktober 2022 - 08:51 WIB
loading...
Tuding Iran Keji dan Penipu, Kiev Putus Hubungan Diplomatik dengan Teheran
Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran karena Teheran dianggap terbukti memasok drone "kamikaze" yang mematikan ke Rusia. Drone kamikaze telah menimbulkan kerusakan parah di wilayah Ukraina.

Moskow telah meluncurkan puluhan drone Shahed 136 buatan Iran di kota-kota Ukraina dalam dua minggu terakhir, menghancurkan infrastruktur energi dan membunuh warga sipil. "Tindakan Iran keji dan menipu," kata Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, Selasa (18/10/2022).



“Kami tidak akan membuat mereka menderita, karena semua tindakan itu dilakukan sementara Iran mengatakan kepada kami bahwa mereka tidak mendukung perang dan tidak akan mendukung pihak mana pun dengan senjata mereka,” lanjut Kuleba, seperti dikutip dari Arab News.

Kuleba mengatakan, Kiev yakin mereka adalah orang Iran dan akan siap untuk berbagi "sekantong bukti" dengan kekuatan Eropa mana pun yang memiliki keraguan. "Teheran memikul tanggung jawab penuh atas kehancuran hubungan dengan Ukraina," kata Kuleba.

Shahed 136 adalah drone bersayap delta yang digunakan sebagai senjata serangan udara-ke-permukaan "kamikaze". Drone ini membawa hulu ledak kecil yang meledak saat terjadi benturan. Drone kamikaze, yang juga disebut amunisi "berkeliaran", dapat melayang di atas suatu area untuk mengidentifikasi target sebelum menyelam untuk menghancurkannya.



Seperti rudal jelajah, mereka dapat mencapai target ratusan kilometer jauhnya, tetapi sementara rudal jelajah relatif mahal, drone “kamikaze” adalah alternatif yang lebih murah, namun tepat.

Kuleba juga mengatakan, dia telah mendesak Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi terhadap Iran karena membantu Rusia membunuh warga Ukraina.

“Sanksi berat terhadap Iran sangat relevan saat ini, karena kami menyaksikan laporan tentang niat Iran untuk memberikan rudal balistik Rusia untuk digunakan melawan Ukraina,” katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)