Ilmuwan: Peluang Perang Nuklir AS-Rusia seperti Russian Roulette

Selasa, 18 Oktober 2022 - 12:40 WIB
loading...
Ilmuwan: Peluang Perang Nuklir AS-Rusia seperti Russian Roulette
Ilmuwan Max Tegmark sebut peluang perang nuklir AS dan Rusia seperti permainan Russian Roulette. Foto/US Air Force
A A A
WASHINGTON - Prospek yang mengerikan dari perang nuklir apokaliptik sekarang adalah satu dari enam peluang seperti permainan "Russian Roulette". Hal ini disampaikan ilmuwan terkemuka asal Swedia, Max Tegmark.

Tegmark, yang merupakan profesor Massachusetts Institute of Technology, mengatakan bahwa peluang pecahnya perang nuklir antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia hampir sama dengan kalah dalam permainan "Russian Roulette: one in six".

Sejak AS menjatuhkan bom nuklir di Jepang pada akhir Perang Dunia II, ancaman perang nuklir telah menjadi kemungkinan tetapi biasanya prospek yang tidak mungkin karena konsekuensi bencana.



Kebuntuan krisis rudal Kuba pada tahun 1962 dikenal sebagai titik di mana dunia muncul di ambang perang nuklir atas Uni Soviet yang mengerahkan rudal balistik di Kuba.

Sekarang, dunia melihat dengan gugup di medan pertempuran Ukraina di mana pemimpin Rusia Vladimir Putin tidak mendapatkan kesuksesan yang dia harapkan dan menggunakan kemungkinan senjata nuklir sebagai ancaman.

Ketakutan para pakar adalah bahwa karena Rusia gagal mencapai tujuannya sejauh ini secara militer, dan telah menderita beberapa kekalahan baru-baru ini, Putin mungkin melihat senjata paling ekstrem di gudang senjatanya.

Putin mengadakan referendum—oleh Ukraina dan sekutu Barat-nya sebut sebagai referendum palsu—di empat wilayah yang dicaplok; Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia, jadi dia sekarang mengeklaim semua wilayah itu milik Rusia.

Pada saat yang sama dia mengatakan bahwa dirinya akan menggunakan segala cara yang tersedia untuk membela Rusia, yang oleh Barat ditafsirkan sebagai ancaman penggunaan nuklir secara terselubung.

Tegmark melihat kemungkinan perang nuklir melihatnya sebagai hal yang sangat mengkhawatirkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)