Apa yang Membuat Senjata Nuklir 'Taktis'? Ini Penjelasannya

Minggu, 16 Oktober 2022 - 14:15 WIB
loading...
Apa yang Membuat Senjata Nuklir Taktis? Ini Penjelasannya
Apa yang membuat senjata nuklir taktis? Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Senjata nuklir tiba-tiba mencuri perhatian belakangan ini. Mulai dari kecemasan akan negara-negara Eropa akan ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir di Ukraina, hingga Korea Utara yang terus melakukan uji coba rudal berkemampuan senjata pemusnah massal itu.

Pembicaraan, perdebatan hingga pengembangan senjata nuklir saat ini tidak pernah terlihat sejak era Perang Dingin. Padahal, hingga saat ini tidak ada definisi universal tentang senjata macam itu.

Para analis mencatat bahwa penggunaan jenis perangkat senjata nuklir apa pun akan mematahkan “tabu nuklir” yang berlaku sejak Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bom atom di Jepang pada tahun 1945, satu-satunya pengerahan senjata itu dalam perang.

Berikut adalah karakteristik senjata nuklir taktis dan mengapa mereka menarik begitu banyak perhatian seperti dilansir dari Reuters, Minggu (16/10/2022).

Apa itu senjata nuklir taktis?

Senjata nuklir taktis sering dicirikan oleh ukurannya, jangkauannya, atau penggunaannya untuk target militer terbatas.

Mereka sering disebut sebagai "senjata non-strategis," berbeda dengan senjata strategis, yang didefinisikan militer AS sebagai senjata yang dirancang untuk menargetkan kemampuan perang musuh dan keinginan untuk berperang, termasuk manufaktur, infrastruktur, transportasi dan sistem komunikasi, serta target lainnya.

Sebaliknya, senjata taktis dirancang untuk mencapai tujuan militer yang lebih terbatas dan langsung yang memenangkan pertempuran.

Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan senjata dengan "hasil" yang lebih rendah, atau jumlah daya yang dilepaskan selama ledakan.

Mereka biasanya berkali-kali lebih besar dari bom konvensional, menyebabkan kejatuhan radioaktif dan efek mematikan lainnya di luar ledakan itu sendiri, dan tidak ada ukuran yang disepakati yang mendefinisikan senjata taktis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2589 seconds (0.1#10.140)