Apa yang Membuat Senjata Nuklir 'Taktis'? Ini Penjelasannya

Minggu, 16 Oktober 2022 - 14:15 WIB
loading...
A A A
Senjata taktis sering dipasang sebagai rudal, bom yang dijatuhkan dari udara, atau bahkan peluru artileri yang memiliki jangkauan yang relatif pendek, jauh lebih kecil daripada rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dirancang untuk menempuh jarak ribuan kilometer dan menyerang target melintasi lautan.

Namun, banyak dari sistem pengiriman ini juga dapat mengirimkan senjata nuklir strategis.



Siapa yang memilikinya?

Banyak kekuatan nuklir dunia memiliki senjata yang dianggap berdaya rendah atau dimaksudkan untuk digunakan di medan perang.

Menurut laporan bulan Maret oleh US Congressional Research Service (CRS), AS memiliki sekitar 230 senjata nuklir non-strategis, termasuk sekitar 100 bom B61 yang dikerahkan dengan pesawat di Eropa.

Pada tahun 2018 pemerintahan Trump mengumumkan rencana untuk hulu ledak hasil rendah baru untuk rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM), dan rudal jelajah berujung nuklir non-strategis.

Rusia memiliki 1.000 hingga 2.000 hulu ledak untuk senjata nuklir non-strategis di gudang senjatanya, kata laporan CRS.

Korea Utara pekan ini mengatakan bahwa serangkaian uji coba misilnya baru-baru ini dirancang untuk mensimulasikan menghujani Korea Selatan dengan senjata nuklir taktis.

Para ahli percaya bahwa jika Korea Utara melanjutkan uji coba nuklir, itu bisa mencakup pengembangan hulu ledak yang lebih kecil yang dimaksudkan untuk digunakan di medan perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)