Naik Kereta, Pasukan Rusia Tiba di Belarusia

Minggu, 16 Oktober 2022 - 00:45 WIB
loading...
Naik Kereta, Pasukan Rusia Tiba di Belarusia
Dua tentara saling memberikan hormat saat bertemu di Belarusia. Foto/Belarusian Defense Ministry
A A A
MINSK - Kereta pertama yang membawa tentara Rusia ke Belarusia telah mencapai tujuan mereka. Kementerian Pertahanan (Kemhan) Belarusia mengumumkan hal itu pada Sabtu (16/10/2022).

Ini terjadi setelah Moskow dan Minsk sepakat awal pekan ini untuk mengerahkan pasukan gabungan sebagai tanggapan atas peningkatan aktivitas militer NATO di perbatasan Belarusia.

Kemhan Belarusia mengatakan, "Keputusan membuat pengelompokan pasukan regional telah diambil dan dilaksanakan semata-mata untuk mempertahankan perbatasan Negara Kesatuan di tengah aktivitas yang sedang berlangsung di daerah perbatasan."



Didirikan pada tahun 1999, Union State adalah organisasi yang terdiri dari Rusia dan Belarusia serta berusaha mempromosikan kerja sama antara kedua negara.

Pasukan Rusia telah tiba di negara tetangga itu setelah Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengumumkan pekan ini bahwa Moskow dan Minsk telah setuju mengerahkan pasukan sekutu di tanah Belarusia.

Langkah itu, katanya, datang sebagai tanggapan atas meningkatnya agresi dari Kiev dan Barat.



Pada saat itu, dia juga menjelaskan bahwa mengingat konflik militer yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina, “sekitar 70.000” anggota layanan Belarusia akan menjadi bagian terbesar dari pasukan.

Dia menambahkan, bagaimanapun akan ada “lebih dari seribu tentara Rusia.”

Di tengah ketegangan yang meningkat dengan Barat dan Ukraina, pekan lalu Belarusia juga menuduh Kiev "berencana melakukan serangan" di negara tetangga.

Ukraina dengan keras membantah tuduhan ini, menambahkan bahwa itu mungkin bagian dari rencana Rusia untuk “melakukan provokasi.”

Sebelum itu, Lukashenko mengecam Kiev atas dugaan upaya mengatur provokasi di perbatasan Belarusia.

Dia mengklaim Ukraina telah mengumpulkan 15.000 tentara di daerah itu sambil melakukan pengintaian dan menyiapkan posisi tembak.

Belarusia, sekutu lama Moskow, mengizinkan pasukan Rusia menggunakan wilayahnya untuk melancarkan operasi militer melawan Ukraina pada akhir Februari.

Minsk telah menolak klaim pejabat di Kiev bahwa pasukannya terlibat langsung dalam aksi melawan pasukan Ukraina.

Lukashenko menegaskan kembali pekan lalu bahwa peran negaranya dalam konflik terbatas pada pertahanan diri dan, juga, untuk memastikan “tidak ada yang akan menembak orang Rusia dari belakang” dari wilayah Belarusia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)