Putin: Para Pemimpin Jerman Lebih Peduli NATO daripada Rakyat Sendiri

Minggu, 16 Oktober 2022 - 00:01 WIB
loading...
Putin: Para Pemimpin Jerman Lebih Peduli NATO daripada Rakyat Sendiri
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri konferensi pers setelah KTT para pemimpin Persemakmuran Negara-Negara Merdeka di Astana, Kazakhstan, pada Jumat (14/10/2022). Foto/SPUTNIK/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Jerman telah melakukan kesalahan dengan menempatkan kewajibannya kepada NATO di atas kepentingan rakyat sendiri.

Menurut Putin, sekarang pebisnis, ekonomi negara dan warganya membayar untuk pilihan ini.

“Tampaknya, semacam kewajiban sekutu telah ditempatkan di garis depan oleh Jerman dalam kerangka Aliansi Traktat Atlantik Utara,” ujar Putin pada konferensi pers setelah KTT Asia Tengah-Rusia di Astana, Kazakhstan, Jumat (14/10/2022).

“Apakah itu benar atau salah? Saya percaya itu adalah kesalahan, dan bisnis, ekonomi, dan warga Republik Federal (Jerman) membayar kesalahan ini, karena memiliki konsekuensi ekonomi negatif untuk zona euro secara umum dan untuk Republik Federal pada khususnya,” ujar Putin.



Dia menjawab pertanyaan tentang peran Jerman dalam konflik Ukraina, di mana negara itu telah menjadi salah satu pendukung utama Kiev.

Menurut Putin, “Otoritas Jerman harus memutuskan sendiri apa yang lebih penting: pemenuhan beberapa kewajiban sekutu seperti yang mereka lihat, atau memastikan kepentingan rakyat mereka sendiri, kepentingan nasional mereka.”

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Alexey Reznikov mengumumkan Kiev menerima unit pertama sistem pertahanan udara mutakhir IRIS-T Jerman.



Menhan Jerman Christine Lambrecht menyebut pengiriman itu sebagai kontribusi penting bagi kemampuan negara Eropa Timur untuk mempertahankan diri dari “penembakan rudal.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)