Lukashenko Peringatkan Bahayanya Nuklir Putin, Bisa Sebabkan Kiamat

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 07:35 WIB
loading...
A A A
Lukashenko merujuk serangan rudal Putin terhadap infrastruktur Ukraina yang menewaskan warga sipil, menghancurkan jembatan, gedung, dan pembangkit listrik, dan mengatakan jika Putin tersudut, lebih banyak serangan serupa bisa terjadi.

Menurutnya, Rusia memiliki senjata paling modern dan tidak membutuhkan senjata nuklir untuk memenangkan perang.

Namun, Michael Kimmage, profesor dan ketua departemen sejarah Universitas Katolik Amerika, mengatakan kepada Newsweek bahwa Lukashenko adalah sekutu Kremlin, dan pesannya mungkin hanya untuk mengintimidasi.

Kimmage mengatakan pesan itu juga bisa menjadi tanggapan terhadap deklarasi Presiden Joe Biden tentang bagaimana Amerika Serikat akan campur tangan jika diperlukan dan pengumuman Uni Eropa (UE) bahwa mereka akan mendukung serangan langsung terhadap militer Rusia jika perang nuklir diluncurkan.

"Ini bukan kecelakaan," kata Kimmage tentang pesan Lukashenko. "Ini dalam koordinasi yang erat dengan Kremlin."

Kimmage mengatakan pesan itu memiliki dua tujuan: untuk memicu reaksi emosional karena tidak ada lagi yang berhasil dalam perang Rusia melawan Ukraina, dan untuk digunakan terutama untuk konsumsi domestik di Rusia.

"'Kami tangguh, kami tidak mundur, kami memiliki senjata,' mereka mengirim pesan kepada diri mereka sendiri," imbuhnya, yang dilansir Sabtu (15/10/2022).

Namun, Kimmage mengatakan kepada Newsweek bahwa Lukashenko mungkin tidak salah. Jika perang nuklir terjadi kemudian, itu dapat menyebabkan eskalasi serius dari AS.

"Sulit membayangkan Rusia tidak akan menanggapi dengan eskalasi mereka sendiri," kata Kimmage, yang menambahkan bahwa siklus perang bolak-balik jauh lebih menakutkan daripada Krisis Rudal Kuba.

Kimmage mengatakan satu-satunya taktik Rusia mungkin menunggu musim dingin, melihat kerusakan ekonomi Eropa dan melihat apakah dukungan Ukraina dari negara-negara sekutu melemah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)