4 Negara NATO Siap Kirim Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina, yang Terbaru Spanyol

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 10:56 WIB
loading...
4 Negara NATO Siap Kirim Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina, yang Terbaru Spanyol
NASAMS, sistem pertahanan udara canggih yang dijanjikan AS kepada Ukraina. Tiga negara NATO lainnya, Jerman, Prancis, dan Spanyol juga siap memasok sistem pertahanan udara ke Ukraina. Foto/Kongsberg
A A A
BRUSSELS - Sudah empat negara NATO yang siap mengirim sistem pertahanan udara ke Ukraina untuk menangkis serangan rudal dan drone Rusia . Empat negara itu adalah Amerika Serikat (AS), Jerman, Prancis, dan yang terbaru Spanyol.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada Kamis bahwa Spanyol akan mengirim empat sistem pertahanan udara jarak menengah ke Ukraina.

Pendukung internasional Ukraina telah mengadakan pembicaraan di markas NATO di Brussels dengan fokus pada pertahanan udara setelah Moskow melancarkan serangan besar-besaran di seluruh Ukraina menyusul ledakan di Jembatan Crimea.



Stoltenberg mengatakan sistem pertahanana udara Hawk yang lebih tua dari Madrid akan melengkapi sistem pertahanan udara yang lebih modern yang akan dipasok oleh Jerman, Prancis, dan Amerika Serikat.

“Kami telah melihat bahwa ketika kami memobilisasi, ketika kami meminta sekutu NATO untuk berbuat lebih banyak, mereka sebenarnya melakukan lebih banyak, dan itu membuat perbedaan besar,” kata Stoltenberg setelah para menteri pertahanan NATO bertemu.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berterima kasih kepada Spanyol atas tanggapan yang sangat cepat terhadap permintaan terbaru Ukraina untuk lebih banyak pertahanan udara.

“Kami akan mendorong sekutu kami yang lain untuk menggali lebih dalam dan memberikan kemampuan tambahan juga,” katanya, seperti dikutip AFP, Jumat (14/10/2022).

Meski demikian, belum ada pengumuman publik resmi dari otoritas Spanyol.

Sekutu Barat sedang berjuang untuk mencari cara bagaimana memasok sistem yang lebih canggih ke Ukraina karena para diplomat mengakui bahwa mereka hanya memiliki sedikit cadangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)